SELLA SILVIANA WIKANTI, 12208173101 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL BIOLOGI MATERI EKOLOGI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Tulungagung dalam Menyelesaikan Soal Biologi Materi Ekologi” ditulis oleh Sella Silviana Wikanti, NIM 12208173101, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak M. Luqman Hakim Abbas, S. Si., M. Pd. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, soal biologi, faktor pengaruh Penelitian ini berfokus pada kemampuan berpikir kritis peserata didik SMA dalam menyeleaikan soal biologi materi ekologi. Peneliti melihat urgensi pengembangan pendidikan berdasarkan kemampuan berpikir kritis perlu ditingkatkan mengingat dinamika kurikulum yang semakin kompleks dan membutuhkan ketangkasan berpikir peserta didik. Pembelajaran daring yang telah diberlakukan memberikan dampak yang signifikan terhadap peserta didik khususnya kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peseta didik kelas XI SMAN 1 Tulungagung pada mata pelajaran Biologi khususnya materi Ekologi, dan 2) untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMAN 1 Tulungagung pada mata pelajaran Biologi khususnya materi Ekologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif etnografi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung yang berjumlah 13 orang terhitung sebagai peserta didik yang menyerahkan tes tulis yang dilakukan oleh peneliti. Metode pengumpulan data yang digunkan peneliti meliputi tes tulis, wawancara, dan observasi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan berpikir kritis peserta didik dari kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung cukup beragam. Dari 13 subjek yang telah melakukan tes diketahui 1 subjek termasuk kategori kritis, 7 subjek cukup kritis, 3 subjek kurang kritis, dan 2 subjek tidak kritis. Rata-rata nilai persentase subjek adalah 54.97 sehingga berada dalam kategori kurang kritis yaitu TBK 1 dengan kriteria peserta didik memenuhi tiga indikator berpikir kritis Ennis yang meliputi peserta didik mampu memberikan penjelasan sederhana, menyimpulkan, dan mengatur strategi dan teknik, dan 2) Faktor yang memperngaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung antara lain adalah sistem pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan guru, dan respon peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Manusia Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Peserta Didik Biologi > Sel |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | S1 12208173101 SELLA SILVIANA WIKANTI |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 03:12 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35992 |
Actions (login required)
View Item |