REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII MTSN 10 BLITAR TAHUN AJARAN 2022/2023

LAILATUN NURUL FIRDAUS, 12204193227 (2023) REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII MTSN 10 BLITAR TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Teorema Pyhtagoras Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII MTsN 10 Blitar Tahun Ajaran 2022/2023”, ini ditulis oleh Lailatun Nurul Firdaus, NIM. 12204193227, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nur Cholis S.Pd.I.,M.Pd. Kata Kunci : Representasi Matematis, Gaya Kognitif, Teorema Pythagoras Permasalahan kurangnya kemampuan representasi matematis pada kelas VIII MTsN 10 Blitar yaitu terdapat pada langkah-langkah dan penyimpulannya. Hal ini dikarenakan guru kurang aktif dalam mengajar yang sering membiarkan kelas kosong, mengakibatkan penyampaian materi yang kurang mendalam dan pemberian materi yang terlalu banyak karena waktu yang sudah mepet dengan ujian sekolah. Pemberian contoh soal dengan latihan soal yang berbeda juga membuat siswa ke bingung dalam menyelesaikan masalah matematika. Jadi, siswa lebih cenderung berpedoman pada langkah yang diberikan oleh guru sehingga siswa kurang mampu dalam mengembangkan kemampuan representasi matematisnya. Hal ini berkaitan dengan gaya kognitif, salah satunya yaitu gaya kognitif field dependent dan field independent. Gaya kognitif field dependent yaitu cara berfikir yang cenderung mudah terpengaruh oleh lingkungan, sedangkan gaya kognitig field independent merupakan cara berfikir yang lebih mampu mengolah informasi dengan baik tanpa ada pengaruh dari lingkungan. Dari informasi tersebut peneliti mengadakan penelitian untuk menganalisi kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras ditinjau dari gaya kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras kelas VIII MTsN 10 Blitar; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras kelas VIII MTsN 10 Blitar. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini dari 30 siswa diambil 4 siswa, yang masing-masing diwakili oleh 2 siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan 2 siswa yang memiliki gaya kognitif field independent. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras kurang mampu menyajikan kembali data atau informasi ke representasi gambar (representasi visual). Siswa juga kurang mampu menyelesaikan persamaan dari permasalahan yang mereka buat (representasi simbolik). Siswa belum mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis (representasi verbal). (2) Kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras mampu menyajikan kembali data atau informasi ke representasi gambar (representasi visual). Siswa mampu membuat persamaan dalam menyelesaikan masalah dengan baik dan benar (representasi simbolik). Siswa mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis (representasi verbal).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193226 Ayu Candra Nuriza Agustin
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:59
Last Modified: 06 Jun 2023 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36076

Actions (login required)

View Item View Item