PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII MTSN BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Dwi Puspandari, 2814123066 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII MTSN BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
14. COPER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. logo besar.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. BAB I puspa talking stick.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB II puspa talking stick.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB III puspa talking stick.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB IV puspa talking stick.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB V puspa talking stick.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB VI puspa talking stick.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN puspa talking stick.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa motivasi siswa di masa sekarang baik dari sekolah dasar dan menengah masih rendah disebabkan model pembelajaran matematika yang dipelajari masih bersifat konvensional. Hal tersebut dapat menimbulkan kesulitan siswa dalam mengerti dan memahami materi pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar matematika siswa rendah. Selain itu dominasi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran kurang memberikan kesempatan siswa untuk mengajukan pertanyaan, dan motivasi kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan intelektual dengan model dan metode yang baru sehingga membuat siswa menjadi pasif. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan pembelajaran yang menarik yang bisa membuat siswa aktif, peneliti menggunakan salah satu model pembelajaran yang menarik yaitu dengan melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick yang berbantuan LKS. Model pembelajaran ini melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapat (mengembangkan pikirannya sendiri) dan dituntut untuk aktif berpartisipasi dalam kelompoknya serta menyenangkan karena diiringi dengan musik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) “Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi Lingkaran kelas VIII MTsN Bandung Tahun Ajaran 2015/2016?”, (2) “Seberapa Kriteria Interpretasi Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi Lingkaran kelas VIII MTsN Bandung Tahun Ajaran 2015/2016?”. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: “Untuk menjelaskan Pengaruh dan Kriteria Interpretasi Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi Lingakaran kelas VIII MTsN Bandung Tahun Ajaran 2015/2016”. Pendekatan penelitan yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu (Quasi Experiment), teknik sampling dengan purposive sampling dan sampel yang diambil adalah kelas VIII D dan VIII E. Instrumen pengumpulan data berupa: pedoman observasi, pedoman dokumentasi dan soal tes (post-test untuk memperoleh hasil belajar), teknik analisis data post-test dengan uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Hasil hitung menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 5,575>1,980 yang artinya H_o ditolak dan H_a diterima, maka ada perbedaan hasil belajar yang diberi perlakuan dengan model Talking Stick dan metode konvensional (ceramah saja). Karena kelas yang diberi perlakuan dengan model Talking Stick (rata-rata 83,83) hasil belajarnya lebih baik dengan perlakuan metode konvensional (rata-rata 73,04), maka model Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi Lingkaran kelas VIII MTsN Bandung Tahun Ajaran 2015/2016”. Besarnya kriteria interpretasi pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatife tipe Talking Stick dengan berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Bandung adalah 15%, berinterpretasi rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi 2814123066 Dwi Puspandari
Date Deposited: 07 Nov 2016 02:17
Last Modified: 07 Nov 2016 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3613

Actions (login required)

View Item View Item