PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEGGUNAKAN ALAT PERAGA KELIP TERHADAP HASIL BELAJAR PEHAMAHAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU TAHUN AJARAN 2015/2016

HADI PURNANTO, 2814123084 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEGGUNAKAN ALAT PERAGA KELIP TERHADAP HASIL BELAJAR PEHAMAHAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
AWAL SIAP PRIN.pdf

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
bab 1 baru.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I1 baru.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III BARU.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV baru.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab V baru.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
BAB VI baru.pdf

Download (196kB)
[img] Text
daftar rujukan.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Hadi Purnanto, 2814123084, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Menggunakan Alat Peraga Kelip Terhadap Hasil Belajar Pemahaman Kosep Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tahun Ajaran 2015/2016, Falkultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dewi Asmarini, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studend Team Achievement Division (STAD), Alat Peraga Kelip, Hasil Belajar, Pemahaman Konsep. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kuarangnya antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika, banyak siswa yang berangagapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang menakutkan, kurang menarik, membosankan, rumit, sulit dan selalu identik dengan perhitungan. Anggapan-anggapan seperti inilah yang menyebabkan siswa kesulitan dalam proses pembelajaran matematika, sehingga pemahaman konsep matematika menjadi berkurang. Siswa yang tidak memahami konsep matematika dengan baik akan sulit memahami definisi atau teorema matematika yang sudah ada, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah harus disusun dan direncanakan dengan matang, pemilihan model pembelajaran yang sesuai akan membuat siswa mudah mencerna dan memahami materi yang disampaikan oleh seoarang pendidik. Salah satu model pembelajaran untuk membantu mengatasi kondisi di atas adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan alat peraga kelip. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran koperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan menggunakan alat peraga kelip tehadap hasil belajar pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru, kemudian sampel dalam peneltian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-A dengan jumlah siswa 36 sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII-B dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, dokomentasi dan tes. Lembar onbservasi dan lembar dokumentasi digunakan untuk menggumpulkan data yang diperlukan peneliti, baik sebelum penelitian dan selama proses penelitian berlangsung. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang pemahaman konsep matematika siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan alat peraga kelip dan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Dalam uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai sig = 0,021 < 0,05 dan t_hitung=2,4516 > t_tabel=2,00172 pada taraf signifikansi 5% maka H_a diterima dan H_0 ditolak. Sehingga ada perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka hipotesis berbunyi “ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan alat peraga kelip terhadap hasil belajar pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru tahun ajaran 2015/2016”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan alat peraga kelip terhadap hasil belajar pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123084 HADI PURNANTO
Date Deposited: 22 Aug 2016 02:50
Last Modified: 22 Aug 2016 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3614

Actions (login required)

View Item View Item