PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

FATHIN MARUA, 2814123077 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
1. COVER LUAR.pdf

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
2. BAG. AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.1. BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.2. BAB II.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.3. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.4. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.5. BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.6. BAB VI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Fathin Marua, NIM. 2814123077, pembimbing Bapak Maryono, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH), materi relasi dan fungsi, hasil belajar matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa salah satu penyebab hasil nilai matematika rendah adalah pelaksanaan pembelajaran di kelas masih berorientasi pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Pada proses pembelajaran yang banyak digunakan para guru saat ini misalnya, guru masih banyak memberikan soal latihan yang memiliki proses penyelesaian tunggal sehingga prosesnya selalu diulang dan dihafal. Kegiatan itu memang memadai dalam proses pembelajaran tetapi cenderung bersifat monoton, kurang kreatif, dan membosankan. Hal ini berdampak buruk bagi hasil belajar siswa, adanya bukti dari hasil evaluasi pelajaran matematika tiap semester maupun ujian akhir masih sering di bawah standart mata pelajaran lain. Dengan demikian diperlukan sebuah model pembelajaran yang baru dan lebih memberdayakan minat belajar siswa yang membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan, misalnya pembelajaran dilakukan dengan cara permainan agar siswa ikut aktif di dalam kelas, seperti model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016?, (2) Seberapa besarkah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016, dan mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan sampelnya berasal dari kelas VIII D dan VIII H. Dalam penelitian ini juga digunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh daftar nama siswa, data nilai ulangan harian siswa, hasil pekerjaan siswa selama pembelajaran, dan foto pelaksanaan selama penelitian. Metode observasi digunakan untuk mengamati selama proses pembelajaran berlangsung, dan keterlaksanaan pembelajaran. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Analisis data menggunakan rumus t-tes. Hasil hitung menunjukkan thitung > ttabel, yaitu 3,25 > 2,02108 dan sig. (2-tailed) <  = 0,05, yaitu 0,002 < 0,05, maka ada perbedaan antara kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Course Review Horay dengan kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional, terbukti rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen > rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol, yaitu 78,86 > 70,25. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga kesimpulannya adalah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan besarnya pengaruh adalah 12,26% yaitu berinterpretasi rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123077 FATHIN MARUA
Date Deposited: 19 Sep 2016 04:16
Last Modified: 19 Sep 2016 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3615

Actions (login required)

View Item View Item