IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ADAB PADA KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KESALEHAN INDIVIDU DAN KESALEHAN SOSIAL SANTRI DI PONPES AL-BAROKAH PONOROGO (Study Exploratory Mixed Method)

EKA PUJI LESTARI, 1285062105 (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ADAB PADA KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KESALEHAN INDIVIDU DAN KESALEHAN SOSIAL SANTRI DI PONPES AL-BAROKAH PONOROGO (Study Exploratory Mixed Method). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (881kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (537kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis denganjudul “Implementasi Pendidikan Adab Pada Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Serta Pengaruhnya Terhadap Kesalehan Individu Dan Kesalehan Sosial Santri di Ponpes Al-Barokah Ponorogo (Study Exploratory Mixed Methods)” oleh Eka Puji Lestari NIM.1285062105 dengan dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd dan Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M. Ag. Kata Kunci : Pendidikan adab, Kitab Ta’lim Al-Muta’allim, Kesalehan individu, Kesalehan sosial santri. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan adab dalam pendidikan pondok pesantren. Salah satu kitab di pondok pesantren yang membahas berbagai persoalan yang berkaitan dengan masalah pendidikan dan pembelajaran adalah Ta’lim Al-Muta’allim . Bentuk penerapan atau pendidikan melalui kitab tersebut dalam rangka mewujudkan kesalehan sosial dan kesalehan individu terhadap santri. Kesalehan sosial dan individu penting dimiliki oleh santri karena berhubungan dengan perilaku sesorang kepada Allah SWT dan sesamanya. Tujuan dalam penulisan tesis ini adalah (1) Mendiskripsikan dan menjelaskan gambaran kesalehan individu dan kesalehan sosial. (2) Mendiskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pendidikan adab pada kitab Ta’limul Muta’allim. (3) Mengetahui pengaruh positif dan signifikan pendidikan adab pada kitab Ta’limul Muta’allim terhadap kesalehan individu santri. (4) Mengetahui pengaruh positif dan signifikan pendidikan adab pada kitab Ta’limul Muta’allim terhadap kesalehan sosial santri. (5) Mengetahui pengaruh positif dan signifikan pendidikan adab pada kitab Ta’limul Muta’allim terhadap kesalehan individu dan kesalehan sosial santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan memadukan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif melalui kondensasi data, display data, verifikasi dan simpulan data, dan pengecekan keabsahan data. Analisis data kuantitatif melalui uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesi manova. Hasil penelitian menunjukkan (1) Gambaran kesalehan individu santri antara lain ibadah sholat fardu dan sunnah, amalan-amalan wirid, dan sholawatan. Kesalehan sosial santri antara lain menghormati asatidz empati dengan sesama santri, dan beraprtisipasi dalam kegiatan masyarakat. (2) Pelaksanaan pendidikan adab kitab Ta’lim Al-Muta’allim dengan menggunakan sorogan dan bandongan, dan implementasi pendidikan adab tidak terbatas waktu dan ruang. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara implementasi pendidikan adab pada kitab Ta’limul Muta’allim dengan kesalehan individu santri. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara implementasi pendidikan adab pada kitab Ta’limul Muta’allim dengan kesalehan individu santri. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara implementasi pendidikan adab pada kitab Ta’limul Muta’allim dengan kesalehan individu dan kesalehan sosial santri.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd 12850621015 Eka Puji Lestari
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:23
Last Modified: 12 Jun 2023 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36240

Actions (login required)

View Item View Item