RIRIS ARISTA, 12205193274 (2023) PEMIKIRAN PEMBELAJARAN SISTEM AMONG KI HADJAR DEWANTARA DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan proses pembentukan karakter dalam diri individu dengan menanamkan nilai-nilai kebaikan dan norma-norma dalam masyarakat. Pendidikan karakter menjadi sangat penting mengingat karakter siswa pada saat ini sungguh memprihatinkan. Sistem pendidikan karakter yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara khususnya Sistem Among merupakan salah satu metode untuk menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengidentifikasi konsep mengasuh dalam sistem among, (2) mengidentifiasi konsep mengajar dalam sistem among, dan (3) mengidentifikasi konsep mendidik dalam sistem among dalam kaitannya dalam penanaman pendidikan karakter. Penelitian yang digunakan adalah library research atau penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan data yang diperoleh dari kesimpulan-kesimpulan. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer atau dokumen yang diterbitkan yaitu buku Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka) Jilid 1 Pendidikan, serta sumber data sekunder berupa buku Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara karya Sita Acetylena, dan Buku Ki Hadjar Dewantara Putra Keraton Pahlawan Bangsa Karya Syaiful Hermawan. Teknik pengumpulan data berjenis dokumentasi dengan teknik analisis data berupa Content Analysis (analisis isi). Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) mengasuh dalam Sistem Among merupakan salah satu tugas pamong dengan berlandaskan cinta kasih dan tulus ikhlas menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik, (2) mengajar dalam Sistem Among merupakan upaya pamong dalam memberikan dan menyalurkan ilmu pengetahuan dengan berlandaskan asas Pancadarma, (3) mendidik dalam Sistem Among dapat diartikan sebagai usaha dalam mendidik dan menanamkan nilai-nilai karakter yang dilakukan oleh pamong dalam perguruan Taman Siswa dengan menggunakan sistem kebudayaan dan asrama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193274 Riris Arista |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 01:21 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 01:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36273 |
Actions (login required)
View Item |