WINAWATI, 12201193117 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENYIKAPI KEJENUHAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SKI DI MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (581kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (527kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul "Strategi guru dalam menyikapi kejenuhan peserta didik dalam pembelajaran SKI di MTsN 2 Trenggalek" ini ditulis oleh Winawati, NIM. 12201193117, Pembimbing Dr. Hj. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata kunci : Strategi guru, Kejenuhan Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, memaksimalkan hasil belajar penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bahwa siswa yang sering mengalami kejenuhan dalam pembelajaran terutama mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini berdampak pada proses kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tidak bisa tercapai maksimal. Oleh karena itu, diperlukan Strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan islam, agar kejenuhan yang dialami siswa bisa diatasi baik oleh guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan penelitian ini adalah Tujuan dari adanya penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam menyikapi kelelahan emosional peserta didik dalam pembelajaran SKI di MTsN 2 Trenggalek, (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam menyikapi kelelahan fisik peserta didik dalam pembelajaran SKI di MTsN 2 Trenggalek, (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam menyikapi kelelahan kognitif peserta didik dalam pembelajaran SKI di MTsN 2 Trenggalek, (4) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam menyikapi kehilangan motivasi peserta didik dalam pembelajaran SKI di MTsN 2 Trenggalek. Dalam skripsi ini penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif serta menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketakutan atau kejelekan pengamat, trianggulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode), dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menyebutkan bahwa : (1) Strategi guru dalam menyikapi kelelahan emosional peserta didik dalam pembelajaran SKI di MTsN 2 Trenggalek adalah guru menciptakan suasana kelas menyenangkan agar ketika pembelajaran siswa mampu menyenangi serta memahami materi yang disampaikan, guru dalam pembelajaran juga menerapkan kegiatan yang humoris atau game agar anak tidak jenuh, dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab untuk menarik semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran, (2) Strategi guru dalam menyikapi kelelahan fisik peserta didik dalam pembelajaran SKI di MTsN 2 Trenggalek adalah guru merubah metode belajar selain ceramah dan diskusi dengan cara tersebut siswa menjadi aktif dan fisik yang mengalami masalah tersebut akan berkurang karena metode yang diterapkan guru tersebut dapat di sukai siswa, guru memberikan motivasi untuk santai terhadap siswa agar rileks menerima pelajaran, guru berupaya mencari solusi atau ide, serta memberi motivasi semangat, (3) Strategi guru dalam menyikapi kelelahan kognitif peserta didik dalam pembelajaran SKI di MTsN 2 Trenggalek adalah Guru menggunakan atau menciptakan suasana yang menyenangkan, guru berusaha menggunakan metode yang dapat di sukai siswa, guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan ice breaking, guru mengatasi masalah mudah lupa dalam memahami materi berupaya memutarkan film yang berisi materi SKI, (4) Strategi guru dalam menyikapi kehilangan motivasi peserta didik dalam pembelajaran SKI di MTsN 2 Trenggalek adalah guru memberi semangat kepada siswa agar aktif dalam pembelajaran, guru memberi hadiah atau penghargaan kepada siswa agar lebih semangat belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Pendidikan Islam Sejarah Kebudayaan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193117 WINAWATI |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 05:14 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 05:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36411 |
Actions (login required)
View Item |