BINTI LATHIFATUL MU'AZAROH, 12202183007 (2023) تحليل صعوبات تعليم اللغة العربية لطلاب خريجي المدرسة الإبتدائية في الصف السابع بالمدرسة المتوسطة الحكومية الثانية عانجوك. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (982kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (441kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (801kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (376kB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab kelas VII di MTsN 2 Nganjuk. 2) Kesulitan apa saja yang dialami peserta didik alumni SD dalam belajar Bahasa Arab kelas VII di MTsN 2 Nganjuk. 3) Upaya apa yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab bagi peserta didik alumni SD kelas VII di MTsN 2 Nganjuk. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab kelas VII di MTsN 2 Nganjuk. 2) Untuk mengetahui kesulitan yang dialami peserta didik alumni SD dalam belajar Bahasa Arab kelas VII di MTsN 2 Nganjuk. 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab bagi peserta didik alumni SD kelas VII di MTsN 2 Nganjuk. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang analisis kesulitan belajar bahasa arab kelas VII alumni SD di MTsN 2 Nganjuk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : A) proses pembelajaran bahasa arab kelas VII di MTsN 2 Nganjuk meliputi: (1) pendahuluan, murid dan guru membaca do’a, (2) kegiatan inti: guru menggunakan metode dalam mengajar, guru memberikan PR. (3) penutup: guru dan murid berdo’a bersama. B) kesulitan yang dihadapi siswa kelas VII khususnya alumni SD dalam belajar bahasa arab ada dua factor yang pertama factor linguistic meliputi tata bunyi bahasa arab, kosakata bahasa arab dan kesulitan penulisan bahasa arab. yang kedua factor non linguistic yaitu kurangnya motivasi dari masing-masing siswa untuk belajar bahasa arab, dan kurangnya inovasi pembelajaran yang digunakan guru bahasa arab. C) upaya yang dilakukan guru dan siswa dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa arab yaitu, pertama dari factor linguistic guru harus lebih sering melatih siswa membaca, berlatih kosakata misalnya dengan lagu dan sering melatih siswa dalam menulis arab. yang kedua factor non linguistic, guru menambah metode atau inovasi pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Kata Kunci : Analisis Kesulitan Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 12202183007 Binti Lathifatul Mu'azaroh |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 03:00 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 03:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36435 |
Actions (login required)
View Item |