M. AHSIN FATAWI ATQIYA’, 12207183092 (2020) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL KAMAL KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya mutu lulusan yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan di Indonesia khususnya Lembaga Pendidikan Islam atau Pondok Pesantren. Selain itu, lembaga Pendidikan Islam harus mampu mempertahankan eksistensinya sebagai penyelenggara pendidikan dengan menghasilkan lulusan bermutu yang memenuhi standar kompetensi serta kebutuhan masyarakat. Peningkatan mutu lulusan dapat dilakukan melalui proses manajemen kesiswaan yang baik dengan tetap memperhatikan kualitas input, proses dan output pendidikan. Adanya manajemen kurikulum yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Kamal diharapkan bisa menjadi langkah awal dalam memajukan Lembaga pesantren dan untuk meningkatkan mutu lulusan melalui inovasi yang dilakukan dalam meningkatkan keunggulan dan daya saing para santrinya. . Fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan manajemen kurikulum di pondok pesantren terpadu Al Kamal? (2) Bagaimana implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu santri di pondok pesantren terpadu Al Kamal? (3) Bagaimana evaluasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu santri di pondok pesantren terpadu Al Kamal? Tujuan penelitian ini disusun: (1) Untuk mengetahui perencaaan kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan di ponpes terpadu Al-Kamal. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan di ponpes terpadu Al-Kamal. (3) Untuk mengetahui evaluasi kegiatan santri dalam meningkatkan mutu lulusan di ponpes terpadu Al-Kamal. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus didesain menggunakan studi kasus tunggal. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183092 M. Ahsin Fatawi Atqiya' |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 07:00 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 07:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36445 |
Actions (login required)
View Item |