MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL KAMAL KUNIR WONODADI BLITAR

M. AHSIN FATAWI ATQIYA’, 12207183092 (2020) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL KAMAL KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya mutu lulusan yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan di Indonesia khususnya Lembaga Pendidikan Islam atau Pondok Pesantren. Selain itu, lembaga Pendidikan Islam harus mampu mempertahankan eksistensinya sebagai penyelenggara pendidikan dengan menghasilkan lulusan bermutu yang memenuhi standar kompetensi serta kebutuhan masyarakat. Peningkatan mutu lulusan dapat dilakukan melalui proses manajemen kesiswaan yang baik dengan tetap memperhatikan kualitas input, proses dan output pendidikan. Adanya manajemen kurikulum yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Kamal diharapkan bisa menjadi langkah awal dalam memajukan Lembaga pesantren dan untuk meningkatkan mutu lulusan melalui inovasi yang dilakukan dalam meningkatkan keunggulan dan daya saing para santrinya. . Fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan manajemen kurikulum di pondok pesantren terpadu Al Kamal? (2) Bagaimana implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu santri di pondok pesantren terpadu Al Kamal? (3) Bagaimana evaluasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu santri di pondok pesantren terpadu Al Kamal? Tujuan penelitian ini disusun: (1) Untuk mengetahui perencaaan kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan di ponpes terpadu Al-Kamal. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan di ponpes terpadu Al-Kamal. (3) Untuk mengetahui evaluasi kegiatan santri dalam meningkatkan mutu lulusan di ponpes terpadu Al-Kamal. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus didesain menggunakan studi kasus tunggal. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183092 M. Ahsin Fatawi Atqiya'
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:00
Last Modified: 19 Jun 2023 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36445

Actions (login required)

View Item View Item