ETIKA BISNIS ISLAM PEDAGANG PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus Pasar Kliwon Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek)

WHIKA AYU KHOIRUNNI'MAH, 12402173091 (2023) ETIKA BISNIS ISLAM PEDAGANG PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus Pasar Kliwon Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ETIKA BISNIS ISLAM PEDAGANG PASAR TRADISIONAL: Studi Kasus Pasar Kliwon Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Whika Ayu Khoirunni’mah, NIM. 12402173091, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Bapak Dr. Ngainun Naim, M.H.I. Skripsi ini dilatarbelakangi dengan semakin berkembangnya zaman memperngaruhi perilaku masyarakat dalam melakukan kegiatan perekonomian, dalam hal ini berdagang. Sedangkan semakin banyak orang yang melakukan perdagangan menciptakan keberagaman karakteristik pedagang yang ada. Apalagi didukung dengan berekembangnya zaman dan teknologi membuat persaingan antar pedagang semakin ketat sehingga dikhawatirkan beberapa diantara mereka melakukan perdagangan dengan cara yang tidak baik yang nantinya akan berpotensi untuk merugikan pihak yang bersangkutan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana Pedagang Pasar Kliwon Trenggalek Memahami etika bisnis Islam? (2) bagaimana Pedagang Pasar Kliwon Trenggalek mengimplementasikan etika Bisnis Islam? (3) apa saja hambatan yang dimiliki Pedagang Pasar Kliwon Trenggalek dalam menerapkan etika bisnis Islam? Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam teknisnya pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan klarifikasi, editing dan penyajian data sesuai karakter dan jenis masing-masing data. Sebelum data yang terkumpul dianalisis, terlebih dahulu dilakukan pengecekan keabsahan melalui triangulasi pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Adapun hasil penelitiannya diketahui bahwa para pedagang yang berjualan di Pasar Kliwon Prambon sudah banyak yang memahami etika bisnis Islam secara tidak langsung dengan perilaku yang diterapkan, tetapi beberapa ditemukan juga pedagang yang tidak tahu sama sekali tentang etika bisnis Islam sehingga dalam prakteknya masih belum sesuai dengan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam yang sesuai dengan Al Quran dan Hadis juga kesepakatan para ulama. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pedagang Pasar Tradisional, Pasar Kliwon

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Etika Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ES 12402173091 Whika Ayu
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:51
Last Modified: 06 Feb 2024 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36454

Actions (login required)

View Item View Item