STRATEGI GURU IPS DALAM PENERAPAN TEKNIK PQ4R UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTS BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI KANIGORO BLITAR

NUZULINA SEPTIKASARI, 12209193053 (2023) STRATEGI GURU IPS DALAM PENERAPAN TEKNIK PQ4R UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTS BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru IPS dalam Penerapan Teknik PQ4R untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari Kanigoro Blitar” Skripsi ini ditulis oleh Nuzulina Septikasari, NIM 12209193053, dosen pembimbing Drs. H. Jani, MM., M.Pd. Kata Kunci: Strategi guru, pemahaman siswa, teknik PQ4R dan Ilmu Pengetahuan Sosial Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh suatu fenomena bahwasannya dewasa ini rendahnya minat baca siswa menurun sehingga berimbas pada pemahaman siswa dan kurangnya motivasi belajar siswa yang rendah, utamanya pada pembelajaran IPS. Oleh karena itu, guru mencoba untuk menerapkan suatu strategi membaca intensif dengan teknik PQ4R untuk mencapai tujuan pembalajaran dan pendidikan semaksimal dan seoptimal mungkin. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana langkah strategi dalam teknik PQ4R untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi sejarah kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari? 2) Bagaimana penerapan teknik PQ4R untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi sejarah pada kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari? 3)Apa saja kendala dalam proses penerapan teknik PQ4R untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi sejarah pada kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari? Adapun tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui langkah dalam teknik PQ4R untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi sejarah kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari 2) Untuk Mengetahui penerapan teknik PQ4R untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi sejarah pada kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari 3) Untuk Mengetahui kendala dalam proses penerapan teknik PQ4R untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi sejarah pada kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk selanjutnya dianalisis secara induktif. Setelah peneliti melakukan penelitian memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Langkah dari strategi membaca intensif teknik PQ4R ialah tahap preview, question, read, reflect, recite, review. 2) Proses penerapan teknik PQ4R dimulai dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti menjadi proses penerapan strategi PQ4R. Kemudian kegiatan penutup. 3) Kendala yang dihadapi dalam proses penerapan yakni, faktor internal meliputi kurangnya minat baca siswa, faktor kelelahan, motivasi belajar yang rendah dan kurangnya pemahaman siswa terkait teknik membaca intensif PQ4R. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor sarana prasarana dan media pembelajaran dan juga faktor kurangnya alokasi jam pelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209193053 NUZULINA SEPTIKASARI
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:50
Last Modified: 19 Jun 2023 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36496

Actions (login required)

View Item View Item