Penerapan Metode Resitasi Melalui Media Kartun untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pokok Bahasan Jual Beli Siswa Kelas III MIN Pandansari, Ngunut, Tulungagung Tahun Ajaran 2013/ 2014

Azizah, Umi Nur (2014) Penerapan Metode Resitasi Melalui Media Kartun untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pokok Bahasan Jual Beli Siswa Kelas III MIN Pandansari, Ngunut, Tulungagung Tahun Ajaran 2013/ 2014. [ Skripsi ]

[img] Text
bab I-V.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
cover dll.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Metode Resitasi, Media Kartun, Prestasi Belajar Latar belakang penelitian : Pemerintah telah melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, salah satunya peningkatan menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Semua proses pembelajaran yang ada sekarang tidak lepas dari campur tangan metode dan media sebagai perantara dalam penyampaian informasi atau materi pelajaran kepada siswa. Melalui kemajuan tersebut para guru dapat menggunakan berbagai metode dan media sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan metode dan media bukan saja mengefektifkan proses pembelajaran akan tetapi juga bisa membuat proses pembelajaran lebih menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini : 1) Bagaimana penerapan metode resitasi melalui media kartun untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pokok bahasan kegiatan jual beli siswa , 2) Bagaimana Peningkatan Prestasi Belajar melalui penerapan metode resitasi melalui media Kartun pokok bahasan kegiatan jual beli. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat kepada : 1) Kepala MIN Pandansari Ngunut Tulungagung sebagai masukan dalam perbaikan dan peningkatan mutu pengajaran IPS di kelas. 2) Guru MIN Pandansari sebagai bahan pertimbangan dalam proses penyampaian materi. 3) Siswa MIN Pandansari sebagai motivasi dalam proses pembelajaran dan kemudahan untuk siswa didalam meningkatkan prestasi belajarnya.4) Perpustakaan, Sebagai bahan referensi dan koleksi yang dapat digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa. 5) Peneliti lain, Sebagai penambahan wawasan atau informasi untuk mengadakan penelitian selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah kelas III yang terdiri dari 28 siswa. Instrumen yang digunakan penelitian adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa, lembar pengamatan aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara, dokumentasi, Catatan Lapangan, dan Angket. Data ini digunakan untuk memperoleh data – data dari siswa. Penerapan Metode resitasi melalui media kartun ini yaitu langkah awal guru menyampaikan materi, guru membagi siswa ke dalam kelompok yang heterogen, Guru meminta siswa untuk berdiskusi. Guru membagi lembar diskusi. Guru meminta perwakilan kelompok untuk presentasi. Guru memberi umpan balik. Guru meminta siswa untuk kembali ketempat duduk masing-masing siswa untuk melakukan resitasi individu. Penghitungan Skor. Pengumuman juara kelompok. Guru memberikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari hasil Pre Test, Post Test Siklus I, Post Test Siklus II. Dengan nilai rata-rata Pre Test 67,71 32,14% (), Post Test Siklus I 75,35 xvii (64,28%), Post Test Siklus II 85 (89,28% ). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi melalui media kartun dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III MIN Pandansari Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Dec 2014 07:08
Last Modified: 08 Dec 2014 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/365

Actions (login required)

View Item View Item