ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS VII MTs DARUL FALAH DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

NURUL KHOIRIYAH, 12204183310 (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS VII MTs DARUL FALAH DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa Kelas VII MTs Darul Falah Dalam Menyelesaikan Persoalan Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif” ini ditulis oleh Nurul Khoiriyah, NIM. 12204183310, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Pemahaman Konseptual, Pemahaman Prosedural, Gaya kognitif, Field Independent, Field Dependent Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa dalam menyelesaikan masalah matematika masih sering kesulitan dan tidak memahami langkah-langkah yang harus diambil. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman konseptual dan prosedural siswa. Dalam pemahaman konseptual dan prosedural dipengaruhi oleh gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa. Setiap siswa memiliki cara belajar yang unik terkait dengan bagaimana memproses, menyimpan, maupun menggunakan informasi untuk menanggapi suatu masalah atau menanggapi berbagai situasi yang ada di lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal aljabar siswa kelas VII MTs Darul Falah dan (2) Mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal aljabar siswa kelas VII MTs Darul Falah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Peneliti mengambil subjek penelitian berdasarkan gaya kognitif yang berbeda yaitu field independent dan field dependent. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes psikiatrik (GEFT), tes pemahaman (soal uraian), dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dapat dilihat dari ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu (1) Siswa dengan gaya kognitif field independent memenuhi semua indikator pemahaman konseptual dan indikator pemahaman procedural. Indikator pemahaman konseptual yaitu mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan, mengenali contoh dan noncontoh, menafsirkan tanda-tanda, simbol, dan istilah, memanipulasi ide-ide terkait, dan menyempurnakan hubungan konsep dan prinsip. Indikator pemahaman prosedural yaitu pemahaman mengenai prosedur secara umum, pemahaman mengenai kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan benar, dan pemahaman dalam menampilkan prosedur secara fleksibel, tepat dan efisien. (2) Siswa dengan gaya kognitif field dependent tidak memenuhi semua indikator pemahaman konseptual dan indikator pemahaman prosedural. Indikator pemahaman konseptual yaitu mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan, mengenali contoh dan noncontoh, menafsirkan tanda-tanda, simbol, dan istilah, memanipulasi ide-ide terkait, dan menyempurnakan hubungan konsep dan prinsip. Indikator pemahaman prosedural yaitu pemahaman mengenai prosedur secara umum, pemahaman mengenai kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan benar, dan pemahaman dalam menampilkan prosedur secara fleksibel, tepat dan efisien.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nurul Khoiriyah
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:48
Last Modified: 19 Jun 2023 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36518

Actions (login required)

View Item View Item