PENGARUH PENGGUANAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAHUL HUDA NGRECO

NAILA FAUZIAH, 12201183341 (2023) PENGARUH PENGGUANAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAHUL HUDA NGRECO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (934kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Sosial YouTube dan TikTok Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Di MTs Miftahul Huda Ngreco” ini ditulis oleh Naila Fauziah, NIM. 12201183341, dosen pembimbing Dr. Khoirul Anam, M. Pd. I. Kata Kunci: YouTube, TikTok, dan Prestasi Belajar Media sosil YouTube dan TikTok merupakan medi sosial yang populer disemua kalangan termasuk pelajar. Mengakses media sosial YouTube dan TikTok tidak hanya sebagai sarana hiburan tetapi juga mampu menambah informasi dan wawasan baru peserta didik. Namun disisi lain jika terlalu berlebihan dalam menggunakan media sosial YouTube dan TikTok pasti akan menimbulkan dampak negatif. Diantara dampak negatif tersebut diantaranya: kurangnya jam tidur, menimbulkan rasa malas, dan mengakibatkan turunnya prestasi belajar. Untuk itu sejauh mana pengaruh penggunaan media sosial tersebut mengakibatkan dampak positif dan negatif. Hal ini yang menjadikan ketertarikan peneliti untuk mengangkat tema ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penggunaan media sosial YouTube berpengaruh terhadap prestasi belajar akidah akhlak peserta didik?, (2) Apakah penggunaan media sosial TikTok berpengaruh terhadap prestasi belajar akidah akhlak peserta didik?, (3) Apakah penggunaan media sosial YouTube dan TikTok berpengaruh terhadap prestasi belajar akidah akhlak peserta didik?. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 43 siswa. Adapun responden dalam penelitian ini berjumlah 39 siswa yang berada di MTs Miftahul Huda Ngreco. Peneliti melakukan pengambilan jumlah responden menggunakan rumus slovin dan penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Dalam pembuktian dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas dan reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji multikolinieritas, uji regresi berganda serta uji t (parsial) dan uji f (simultan). Sedangkan hasil penlitin ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media sosial YouTube terhadap prestasi belajar akidah akhlak peserta didik di MTs Miftahul Huda Ngreco dengan nilai Sig. (0.023). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media sosial TikTok terhadap prestasi belajar akidah akhlak peserta didik di MTs Miftahul Huda Ngreco dengan nilai Sig. (0.045). (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara penggunaan media sosial YouTube dan TikTok terhadap prestasi belajar akidah akhlak peserta didik di MTs Miftahul Huda Ngreco dengan nilai Sig. (0.001).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183341 NAILA FAUZIAH
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:15
Last Modified: 19 Jun 2023 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36527

Actions (login required)

View Item View Item