STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MA’ARIF SUDIMORO PACITAN

YUSWITA LUTFI NA’IDAH, 2811123241 (2016) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MA’ARIF SUDIMORO PACITAN. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV sukses.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V sukses.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dftar pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yuswita Lutfi Na’idah, NIM. 2811123241, “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ma’ari Sudimoro Pacitan”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2016, dosen pembimbing Masduki, NIP: 196207081998031001 Kata kunci: strategi guru, kesulitan belajar, sejarah kebudayaan Islam Setiap guru senantiasa mengharapkan agar siswa dapat mencapai hasil belajar secara maksimal baik dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Namun pada kenyataannya masih sering terjadi kesulitan belajar dalam setiap mata pelajaran walaupun sifatnya berbeda, ada yang ringan dan berat, permanen dan tidak permanen. Apalagi dalam mata pelajaran SKI sebab mata pelajaran ini adalah mata pelajaran cerita yang menceritakan kejadian-kejadian di masa lampau sehingga sering terjadi dalam kesulitan belajar. Untuk itu guru perlu melakukan strategi dalam rangka mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Fokus penelitian: 1. Bagaimana perencanaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran SKI di MTs Ma’arif Sudimoro Pacitan? 2. Bagaimana pelaksanaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran SKI di MTs Ma’arif Sudimoro Pacitan? 3. Bagaimana evaluasi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran SKI di MTs Ma’arif Sudimoro Pacitan? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi-partisipan dan dokumentasi. Mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini bahwa: (1) Perencanaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran SKI di MTs Ma’arif Sudimoro Pacitan. Guru menggunakan suatu perencanaan strategi yang meliputi penyusunan perangkat pembelajaran secara baik dengan pemilihan metode, media, dan sumber belajar. Di samping itu guru harus memaksimalkan apa yang ada di RPP, akan tetapi ada perubahan yang lebih baik ketika mengajar, selain itu memberi pujian, hadiah, dan hukuman untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar. (2) Pelaksanaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran SKI di Mts Ma’arif Sudimoro Pacitan. Pada saat dimulainya pembelajaran, siswa masuk kelas dan guru memulai pembelajaran dengan salam. Dalam proses pembelajaran yang terjadi guru menggunakan strategi pembelajaran yang telah dirancang dalam RPP, kemudian juga penggunaan media dan metode pembelajaran yang telah disesuaikan dengan jenis strategi yang digunakan. Ketika pembelajaran terjadi di dalam kelas guru memberikan pertanyaan kepada siswa siapa saja yang bisa menjawab akan mendapatkan nilai tambahan. Terkadang jika siswa tertentu yang jarang mengajukan diri untuk menjawab guru menunjuknya untuk menjawab pertanyaan tersebut. (3) Evaluasi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran SKI di MTs Ma’arif Sudimoro Pacitan. Guru harus membuat pertanyaan atau mengadakan tes, untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan bisa berupa tes tulis maupun tes lisan. Seorang guru harus membuat strategi baru agar siswa dapat memahami pelajaran yang dijelaskan oleh gurunya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Kebudayaan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123241 YUSWITA LUTFI NA’IDAH
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:48
Last Modified: 19 Aug 2016 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3656

Actions (login required)

View Item View Item