PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG SAYUR DI PASAR TRADISIONAL KAMBINGAN TUNGGANGRI TULUNGAGUNG

ISTIP ULIL HIKMAH, 17402153197 (2023) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG SAYUR DI PASAR TRADISIONAL KAMBINGAN TUNGGANGRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang Sayur di Pasar Tradisional Kambingan Tunggangri Tulungagung“ ini ditulis oleh Istip Ulil Hikmah, NIM 17402153197, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr.H.Dede Nurohman, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya usaha bisnis yang dijalankan oleh setiap pelaku usaha yang salah satunya pedagang sayur di pasar tradisional yang terkadang dapat dengan mudah menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Sedangkan Rasulullah telah memberikan contoh melalui bisnsis perniagaannya yang dilakukan dengan sidiq, amanah, fatanah dan tablig. Fokus Penelitian yang dikemukakan sebagai berikut: 1) Bagaimana pemahaman para pedagang sayur di pasar tradisional Kambingan mengenai etika bisnis Islam ? 2). Bagaimana penerapan etika bisnis Islam para pedagang sayur di pasar tradisional Kambingan Tunggangri ? 3) Bagaimana dampak penerapan etika bisnis Islam pada pedagang sayur di pasar tradisional Kambingan Tunggangri dalam meningkatkan daya beli masyarakat ? Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimana mengambil lokasi penelitian yaitu di pasar tradisional Kambingan Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa : 1) Hasil penelitian menunjukan para pedagang sayur pasar Kambingan ditinja dari segi teori sudah memahami etika bisnis Islam. 2) Penerapan etika bisnis Islam yang dilakukan pedagang sayur di pasar Kambingan Tunggangri sebagian besar pedagang sudah menerapkan dan menjalankan etika bisnis Islam. meskipun belum semua pedagang yang sudah menerapkan etika bisnis Islam. 3) Dampak yang ditimbulkan dari penerapan etika bisnis Islam akan berdampak bagi kelangsungan usaha yaitu dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan membangun kepercayaan konsumen. Kata Kunci: Perilaku Pedagang, Pasar Tradisional, Etika Bisnis Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153197 ISTIP ULIL HIKMAH
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:54
Last Modified: 27 Jun 2023 04:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36613

Actions (login required)

View Item View Item