Evi Aprianti Cahyani, NIM. 2811123080, ‘’Pengembangan Media Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits [Studi Kasus di MTs Al-Ma’arif Tulungagung]”, Skripsi, dosen pembimbing : Drs. Ali Rohmad, M.Ag.

evi aprianti cahyani, 2811123080 (2016) Evi Aprianti Cahyani, NIM. 2811123080, ‘’Pengembangan Media Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits [Studi Kasus di MTs Al-Ma’arif Tulungagung]”, Skripsi, dosen pembimbing : Drs. Ali Rohmad, M.Ag. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Evi Aprianti Cahyani, NIM. 2811123080, ‘’Pengembangan Media Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits [Studi Kasus di MTs Al-Ma’arif Tulungagung]”, Skripsi, dosen pembimbing : Drs. Ali Rohmad, M.Ag. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Al-Qur’an Hadist, Studi Kasus. Fokus penelitian: 1. Bagaimana pengembangan media pembelajaran dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis yang terjadi di MTs Al-Ma’arif Tulungagung?. 2. Mengapa terjadi pengembangan media pembelajaran dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Mts Al-Ma’arif Tulungagung?. Pendekatan: penelitian Kualitatif. Jenis Penelitian: studi kasus. Lokasi penelitian: Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Tulungagung. Kehadiran peneliti: dari tanggal 17 Februari sampai 1 Maret 2016. Sampling: purposive sampling, dan snow ball sampling. Sumber data: informan, peristiwa/aktivitas, dokumen/arsip, lingkungan fisik dan sosial madrasah. Metode pengumpulan data: observasi-partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. Prosedur analisis data: data reduction, data display, conslusion drawing (verification). Metode analisis data: deduksi, komparasi induksi. Pengecekan keabsahan data: 1. credibility (derajat kepercayaan) melalui a. perpanjangan keikutsertaan, b. ketekunan/keajegan pengamatan, c. triangulasi (antar sumber data, antar metode penelitian, antar waktu, pengecekan sejawat, teori/kebijakan); 2. Dependabilitas (ketergantungan): dosen pembimbing selaku auditor; 3. Confirmability (objektifitas): desain penelitian dianggap baik dan benar, fokus penelitian dianggap tepat, sajian literature dianggap relevan, kinerja instrumen dan cara pendataan dianggap akurat, teknik pengumpulan data dianggap sesuai dengan fokus penelitian, analisis data yang diterapkan dianggap benar, hasil penelitian dianggap bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan; 4. transferability (keabsahan external): hasil penelitian ini dianggap dapat diaplikasikan di lokasi penelitian yang lain. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Pengembangan media pembelajaran dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Tulungagung, memiliki beberapa kecenderungan: a. Pengembangan media pembelajaran dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dimulai ketika guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); b. Guru menggunakan media power point dalam materi pokok Tauhid Rububiyah dan Uluhiyah; c. Guru menggunakan media cetak berupa buku paket dalam materi pokok mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist; d. Guru menggunakan media LCD proyektor untuk memutarkan film pendek dalam materi pokok iman dan ibadah (ciri-ciri orang yang beriman dan beribadah); e. Guru membuat design power-point dan animasi serta pemilihan video; f. Guru mendapatkan bahan materi yang disajikan dalam media mengadopsi dari internet; g. Media pembelajaran yang dimanfaatkan kegiatan belajar mengajar untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadist adalah variatif secara silih berganti yang meliputi media cetak (buku paket, LKS), media elektronik (laptop, LCD); h. Pengembangan media pembelajaran dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist oleh guru vak adalah relatif baik. 2. Beberapa kecenderungan pengembangan media pembelajaran dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist sebagai termaktub dalam kesimpulan pertama tersebut diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Tulungagung dengan berdasarkan alasan-pertimbangan: a. Pengembangan media pembelajaran didasarkan pada karakteristik materi pelajaran, kecenderungan gaya belajar siswa, kecenderungan kesulitan belajar siswa, ketersediaan media pembelajaran, b. Tujuan pengembangan media pembelajaran dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist adalah untuk terciptanya pembelajaran yang bermutu, bermakna, dan menyenangkan, agar media pembelajaran mampu menjadi alat bantu dan stimulus terhadap pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa dalam memperjelas materi pelajaran, c. Manfaat media pembelajaran bagi siswa adalah menjadikan perhatian siswa lebih terfokus pada pelajaran, dan siswa lebih antusias, serta suasana kelas menjadi lebih hidup; dan bagi guru adalah waktu lebih efisien, menghemat tenaga, interaksi edukatif lebih efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: evi 2811123080 evi aprianti cahyani
Date Deposited: 15 Sep 2016 02:10
Last Modified: 15 Sep 2016 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3663

Actions (login required)

View Item View Item