ISNA PUTRI WULANDARI, 12204183148 (2023) DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Isna Putri Wulandari, 12204183148, 2022, “Disposisi Matematis Siswa dalam Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Trigonometri Kelas X MA Ma’arif NU Kota Blitar Tahun Ajaran 2021/2022 ”, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Pemecahan Masalah, Trigonometri Dalam proses pembelajaran diperlukan sikap disposisi matematis agar siswa mampu memahami konsep dan menyelesaikan masalah dengan baik. Namun menurut studi pra-penelitian, banyak siswa yang masih menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Hal tersebut berdampak pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang tergolong rendah khususnya pada materi trigonometri sehingga berimbas pada ketertarikannya dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui disposisi matematis tingkat tinggi dalam kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi trigonometri. (2) Untuk mengetahui disposisi matematis tingkat sedang dalam kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi trigonometri. (3) Untuk mengetahui disposisi matematis tingkat rendah dalam kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, tes tulis, dan wawancara. Pengambilan data dimulai dengan menyebarkan angket disposisi matematis. Dari hasil angket tersebut dikelompokkan dalam tiga tingkat disposisi matematis yaitu, disposisi matematis tingkat tinggi, sedang, dan rendah yang masing-masing tingkatan diwakili oleh 2 subjek. Dari ke- 6 subjek tersebut kemudian dilakukan tes tulis materi trigonometri dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Disposisi matematis siswa tingkat tinggi dalam kemampuan pemecahan masalah pada materi trigonometri menunjukkan hasil yang maksimal. Kedua subjek memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah. (2) pada tingkat sedang menunjukkan hasil yang kurang maksimal. Kedua subjek tidak memenuhi beberapa indikator kemampuan pemecahan masalah. (3) pada tingkat rendah menunjukkan hasil yang tidak maksimal. Kedua subjek hanya memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah pada nomor 1.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183148 ISNA PUTRI WULANDARI |
Date Deposited: | 29 Jun 2023 01:45 |
Last Modified: | 29 Jun 2023 01:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36641 |
Actions (login required)
View Item |