DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022

ISNA PUTRI WULANDARI, 12204183148 (2023) DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Isna Putri Wulandari, 12204183148, 2022, “Disposisi Matematis Siswa dalam Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Trigonometri Kelas X MA Ma’arif NU Kota Blitar Tahun Ajaran 2021/2022 ”, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Pemecahan Masalah, Trigonometri Dalam proses pembelajaran diperlukan sikap disposisi matematis agar siswa mampu memahami konsep dan menyelesaikan masalah dengan baik. Namun menurut studi pra-penelitian, banyak siswa yang masih menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Hal tersebut berdampak pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang tergolong rendah khususnya pada materi trigonometri sehingga berimbas pada ketertarikannya dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui disposisi matematis tingkat tinggi dalam kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi trigonometri. (2) Untuk mengetahui disposisi matematis tingkat sedang dalam kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi trigonometri. (3) Untuk mengetahui disposisi matematis tingkat rendah dalam kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, tes tulis, dan wawancara. Pengambilan data dimulai dengan menyebarkan angket disposisi matematis. Dari hasil angket tersebut dikelompokkan dalam tiga tingkat disposisi matematis yaitu, disposisi matematis tingkat tinggi, sedang, dan rendah yang masing-masing tingkatan diwakili oleh 2 subjek. Dari ke- 6 subjek tersebut kemudian dilakukan tes tulis materi trigonometri dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Disposisi matematis siswa tingkat tinggi dalam kemampuan pemecahan masalah pada materi trigonometri menunjukkan hasil yang maksimal. Kedua subjek memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah. (2) pada tingkat sedang menunjukkan hasil yang kurang maksimal. Kedua subjek tidak memenuhi beberapa indikator kemampuan pemecahan masalah. (3) pada tingkat rendah menunjukkan hasil yang tidak maksimal. Kedua subjek hanya memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah pada nomor 1.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183148 ISNA PUTRI WULANDARI
Date Deposited: 29 Jun 2023 01:45
Last Modified: 29 Jun 2023 01:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36641

Actions (login required)

View Item View Item