ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENUNJANG PENGEMBANGAN USAHA (Studi Pada Usaha Bakso Sonya Desa Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri)

NABILLA FEBRI LUSIYANTI, 12405183242 (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENUNJANG PENGEMBANGAN USAHA (Studi Pada Usaha Bakso Sonya Desa Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menunjang Pengembangan Usaha (Studi pada Usaha Bakso Sonya Desa Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri)” yang ditulis oleh Nabilla Febri Lusiyanti, NIM. 12405183242, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini di latarbelakangi oleh ketatnya persaingan dengan usaha lain yang menjual produk yang sama. Bakso Sonya sebagai salah satu usaha di bidang kuliner atau makanan yang terus berinovasi dalam mengembangkan dan mempertahankan usahanya. Selain itu, Bakso Sonya telah memiliki cabang di luar daerah sebanyak 4 tempat. Dari ke empat cabang yang dimiliki Usaha Bakso Sonya ini menerapkan strategi pemasaran yang sama. Rumusan masalah peneilitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran dalam menunjang pengembangan usaha di Bakso Sonya? 2) Apa saja faktor pendukung strategi pemasaran dalam menunjang pengembangan usaha di Bakso Sonya? dan 3) Apa saja faktor penghambat strategi pemasaran dalam menunjang pengembangan usaha di Bakso Sonya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Usaha Bakso Sonya telah menerapkan strategi pemasaran yaitu dengan menerapkan bauran pemasaran seperti produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Bakso Sonya selalu menjaga kualitas produk dengan baik. Tidak hanya kualitas produk, harga yang ditawarkan Bakso Sonya termasuk terjangkau untuk semua kalangan. Terkait dengan tempat, bakso Sonya melakukan pemilihan tempat usaha yang strategis dan dapat dilalui oleh banyak orang. Selain itu, ada juga startegi dalam promosi yang dimana Bakso Sonya memanfaatkan sosial media dan memasang pamflet di tempat tertentu. Kegiatan bauran pemasaran tersebut di laksanakan dengan baik dan berjalan dengan lancar sehingga dapat menunjang pengembangan usaha Bakso Sonya. 2) Ada beberapa faktor pendukung strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha Bakso Sonya. Dari segi produk yaitu Bakso Sonya memiliki varian produk dan menjaga kualitas. Bakso Sonya menawarkan harga terjangkau dan sesuai dengan manfaat yang diberikan. Selain itu, untuk tempat sendiri Bakso Sonya memiliki tempat strategis dan menjaga kebersihan. Dan yang terakhir adalah dari segi promosi yang mana Bakso Sonya memanfaatkan sosial media untuk mengenalkan produk maupun usahanya kepada banyak konsumen. 3) Untuk faktor penghambat yang dihadapi oleh Bakso Sonya yaitu susahnya mencari tempat untuk membuka cabang baru. Tidak hanya itu saja, dalam melakukan promosi yang melalui sosial media Bakso Sonya pernah mengalami penipuan. Dari hambatan tersebut, Usaha Bakso Sonya memiliki solusi masing-masing. Kata Kunci: Strategi pemasaran, bauran pemasaran, pengembangan usaha

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183242 NABILLA FEBRI LUSIYANTI
Date Deposited: 29 Jun 2023 03:16
Last Modified: 29 Jun 2023 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36680

Actions (login required)

View Item View Item