PENGARUH PERSAINGAN USAHA DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP VOLUME PENJUALAN BARANG ATAU JASA DI PASAR RAKYAT KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

EMYLIA PUSPITANINGTYAS, 12402193228 (2023) PENGARUH PERSAINGAN USAHA DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP VOLUME PENJUALAN BARANG ATAU JASA DI PASAR RAKYAT KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Persaingan Usaha dan Etika Bisnis Islam Terhadap Volume Penjualan Barang atau Jasa di Pasar Rakyat Kauman Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Emylia Puspitaningtyas, NIM 12402193228, dengan dosen pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan usaha antar pedagang di Pasar Rakyat Kauman. Kondisi ini disebabkan oleh banyaknya jumlah pedagang yang memiliki jenis dagangan yang sama di pasar tersebut. Sering dijumpai pula beberapa pedagang yang melakukan kecurangan-kecurangan demi memenangkan persaingan untuk meningkatkan volume penjualan. Volume penjualan yang tinggi akan mampu memenuhi kebutuhan hidup pelaku usaha. Oleh karena itu faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan dapat dilihat dari masalah yang terjadi meliputi persaingan usaha dan etika bisnis islam. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menguji pengaruh persaingan usaha terhadap volume penjualan barang atau jasa di Pasar Rakyat Kauman Tulungagung; (2) Untuk menguji pengaruh etika bisnis islam terhadap volume penjualan barang atau jasa di Pasar Rakyat Kauman Tulungagung; (3) Untuk menguji pengaruh persaingan usaha dan etika bisnis islam secara bersama-sama terhadap volume penjualan barang atau jasa di Pasar Rakyat Kauman Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Volume Penjualan sebagai variabel dependen, sedangkan persaingan usaha dan etika bisnis islam sebagai variabel independen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran angket atau kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 82 responden pedagang Pasar Rakyat Kauman Tulungagung. Metode analisis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Pengolahan data dengan menggunakan SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Secara parsial variabel persaingan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan barang atau jasa di Pasar Rakyat Kauman Tulungagung; (2) Secara parsial variabel etika bisnis islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan barang atau jasa di Pasar Rakyat Kauman Tulungagung; (3) Secara simultan bahwa variabel persaingan usaha dan etika bisnis islam berpengaruh terhadap volume penjualan barang atau jasa di Pasar Rakyat Kauman. Kata Kunci: Etika Bisnis, Persaingan Usaha, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402193228 EMYLIA PUSPITANINGTYAS
Date Deposited: 29 Jun 2023 03:33
Last Modified: 29 Jun 2023 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36689

Actions (login required)

View Item View Item