IMPLEMENTASI STRATEGI BERSAING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN UMKM CARANG MAS PERTAPAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

SOVIANA DWI SAPUTRI, 12402193002 (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI BERSAING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN UMKM CARANG MAS PERTAPAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (799kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Strategi Bersaing dalam Meningkatkan Volume Penjualan UMKM Carang Mas Pertapan Kabupaten Tulungagung” yang ditulis oleh Soviana Dwi Saputri, NIM. 12402193002, Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd.Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana penerapan strategi bersaing pada UMKM, sudahkan UMKM Carang Mas Pertapan menerapkan strategi bersaing mengingat persaingan ketat UMKM Carang Mas Kabupaten Tulungagung. Untuk memenangkan sebuah persaingan ketat diperlukan strategi yang baik bagi perusahaan untuk keberlangsungan usaha.Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk menganalisis implementasi strategi bersaing dalam meningkatkan volume penjualan UMKM Carang Mas Pertapan Kabupaten Tulungagung. 2) Untuk menganalisis dampak implementasi strategi bersaing dalam meningkatkan volume penjualan UMKM Carang Mas Pertapan Kabupaten Tulungagung. 3) Untuk menganalisis kendala dan solusi implementasistrategi bersaing dalam meningkatkan volume penjualan UMKM Carang Mas Pertapan Kabupaten Tulungagung.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari primer dan sekunder. Teknik pengumpulan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknis analisis yang digunakan: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian pada UMKM Carang Mas Pertapan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi strategi bersaing pada UMKM Carang Mas Pertapan sudah dilaksanakan dengan baik dan berdampak positif dalam menghadapi persaingan usaha yaitu mampu meningkatkan volume penjualan dengan menerapkan strategi produk, harga, tempat, kualitas, promosi, keunggulan biaya, diferensiasi strategi, strategi fokus. 2) Dampak implementasi strategi bersaing pada UMKM Carang Mas Pertapan membuat volume penjualan terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga mampu bersaing dengan bisnis lainnya. 3) Kendala dan solusi implementasi strategi bersaing UMKM Carang Mas Pertapan adalah keterbatasan bahan baku tempat produksi dan distribusi yang sudah mulai banyak menjual produk sejenis yaitu carang mas. Namun pemilik UMKM Carang Mas Pertapan selalu berupaya untuk mengatasi setiap kendala yang terjadi agar konsumen tetap loyal terhadap produk Carang Mas Pertapan. Kata Kunci: Strategi Bersaing, Meningkatkan Volume Penjualan, UMKM

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193002 Soviana Dwi Saputri
Date Deposited: 29 Jun 2023 04:24
Last Modified: 29 Jun 2023 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36693

Actions (login required)

View Item View Item