NURMALA KIKI WIJAYANTI, 2814123127 (2016) PENGARUH STRATEGI PAIKEM (Pembelajaran–Aktif–Inofatif- Kreatif-Efektif-Menarik) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
Text
COVER DLL.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (919kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sekripsi dengan judul, “Pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran– Aktif –Inofatif- kreatif- Efektif- Menarik) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Nurmala Kiki Wijayanti, NIM. 2814123127, pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Strategi PAIKEM, Minat dan Hasil Belajar Matematika Fenomena bahwa keberhasilan proses belajar mengajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa dan terciptanya kualitas pembelajaran siswa yang optimal. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa diantaranya adalah strategi pembelajaran yang digunakan guru. Setrategi pembelajaran yang inovatif sangat menentukan keefektifan pengajaran dan hasil belajar siswa yang baik. Selain itu kualitas pengajaran matematika dikatakan optimal salah satunya ditandai dengan meningkatnya minat belajar siswa terhadap pelajaran metematika, karena meningkatnya minat siswa yang besar dan intensif terhadap mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran– Aktif –Inofatif- kreatif- Efektif- Menarik) terhadap minat belajar matematika siswa di SMPN 1 Ngunut Tulungagung, dan ada tidaknya pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran– Aktif –Inofatif- kreatif- Efektif- Menarik) terhadap hasil belajar matematika siswa di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen, teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling, dengan sampelnya adalah kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 44 siswa dan kelas VII H sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 44 siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar siswa terhadap matematika. Tes digunakan untuk memperoleh data nilai dari hasil belajar siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dengan menggunakan uji t-test dan uji MANOVA. Hasil dari pengujian Independent Sample T-test diperoleh nilai = 3,606 sedangkan = 1,990 dengan taraf signifikansi 5%. Sehingga > , maka ada pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran– Aktif –Inofatif- kreatif- Efektif- Menarik) terhadap minat belajar matematika. Pengujian dari Independent Sample T-test diperoleh nilai (4,058) > (5% = 1,990), yang berarti bahwa penggunaan setrategi PAIKEM (Pembelajaran– Aktif –Inofatif- kreatif- Efektif- Menarik) mempengaruhi nilai hasil belajar matematika. Dan hasil pengujian Multivariate Tests diperoleh nilai = 33.636 sedangkan = 3,119 dengan taraf signifikansi 5%. Sehingga > , maka terdapat pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran– Aktif –Inofatif- kreatif- Efektif- Menarik) terhadap minat dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814123127 NURMALA KIKI WIJAYANTI |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 03:19 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3670 |
Actions (login required)
View Item |