IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN

VIVI ALAIDYA YAHYA, 12209193021 (2023) IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (762kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Yahya, Vivi Alaidya. 2023. Implementasi Literasi Digital dalam Meningkatkan Pembelajaran IPS Kelas VIII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan. Skripsi, Program studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Anggoro Putranto, S.Pd., M.Sc. Kata kunci: Implementasi, Literasi Digital, Pembelajaran IPS Skripsi ini membahas tengan implementasi literasi digital dalam meningkatkan pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana praktek Literasi Digital pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan?; (2) Bagaimana factor pendorong dan factor penghambat Literasi Digital dalam pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan?; (3) Bagaimana implikasi Literasi Digital dalam meningkatkan pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan. Dalam konteks penelitian ini, penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari lapangan dan data sekunder yang diperoleh melalui bahan-bahan tertulis dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam mengumpulkan data yakni diantaranya: (1) Data Reduction (Reduksi Data); (2) Data Display (Penyajian Data); (3) Conculition Drawing (Penarikan Kesimpulan) Hasil penelitian menujukkan implementasi literasi digital dalam pembelajaran IPS Kelas VIII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan menciptakan keaktifan siswa, membangun kreatifitas dalam proses pembelajaran dengan pemanfaatan literasi digital dalam pencarian sumber informasi referensi sehingga kegiatan pembelajaran IPS menjadi lebih maju dan berkualitas. Faktor pendorong dalam kegiatan pembelajaran berbasis literasi digital telah disediakan fasilitas sarana dan prasaran yang memadai dari pihak sekolah, sedangkan faktor penghambatnya meliputi, banyak siswa yang berada di lingkungan pondok sehingga dilarang untuk membawa handphone, terkendala dari dalam diri siswa, karena siswa zaman sekarang lebih memilih sesuatu yang instan sehingga dalam pencarian jawaban menggunakan sumber yang asal-asalan untuk menjawab soal atau tugas dari guru. Implikasi dari penelitian ini adalah berfungsi sebagai wadah penyalur materi pembelajaran yang memiliki peranan penting dalam proses belajar mengajar. Nilai efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang dapat merubah tingkah laku siswa, sehingga penilaian dan proses belajar berkaitan serta meningkatkan kualitas pembelajaran IPS

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193021 VIVI ALAIDYA YAHYA
Date Deposited: 30 Jun 2023 11:14
Last Modified: 30 Jun 2023 11:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36746

Actions (login required)

View Item View Item