PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH DARUL FAIZIN KECAMATAN MOJOWARNO KABUPATEN JOMBANG

MOHAMMAD DZULKIFLI ANUGRAH, 12201193131 (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH DARUL FAIZIN KECAMATAN MOJOWARNO KABUPATEN JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik di Madrasah Aliyah Darul Faizin Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang” ini ditulis oleh Mohammad Dzulkifli Anugrah. NIM 12201193131. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci : Peran, Guru Akidah Akhlak, Akhlak Peserta Didik Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya lembaga pendidikan terutama Madrasah Aliyah yang memfokuskan pembinaan pada akhlak peserta didiknya. Dalam proses tersebut, dibutuhkan adanya peran guru terutama guru Akidah Akhlak yang memang fokusnya terhadap pembinaan akhlak peserta didik sebagai salah satu syarat akan transfer ilmu pengetahuan. Oleh karena itu peran guru Akidah Akhlak sangat diperlukan dalam meningkatkan akhlak peserta didik. Namun pada kenyataannya peran guru Akidah Akhlak baik sebagai edukator, leader, maupun motivator belum sepenuhnya dapat diimplementasikan secara optimal sehingga harus diadakan penelitian lebih lanjut untuk kemajuan Madrasah Aliyah Darul Faizin Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang itu sendiri. Fokus Penelitian ini adalah : (1) Peran guru Akidah Akhlak sebagai edukator dalam meningkatkan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Darul Faizin Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang (2) Peran guru Akidah Akhlak sebagai leader dalam meningkatkan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Darul Faizin Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang (3) Peran guru Akidah Akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Darul Faizin Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam serta studi dokumentasi. Analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Adapun untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan model triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran guru Akidah Akhlak sebagai edukator dalam meningkatkan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Darul Faizin Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang yaitu mengoptimalkan kegiatan pembiasaan diri yang berwawasan pengembangan budi pekerti dan akhlak mulia, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh dan kembangnya karakter peserta didik, memberikan pengawasan dan pembinaan dalam rangka mendisiplinkan peserta didik agar patuh dan taat terhadap tata tertib yang berlaku di lingkungan sekitarnya, menjadi figur teladan bagi peserta didik, dan mengembangkan pendidikan karakter di sekolah (2) Peran guru Akidah Akhlak sebagai leader dalam meningkatkan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Darul Faizin Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang yaitu memimpin peserta didik dengan gaya kepemimpinan demokratis, memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang nilai-nilai karakter melalui pembelajaran, membentuk karakter tanggung jawab peserta didik melalui pembiasaan dan keteladanan, menegur, menasehati, dan memberikan hukuman terhadap peserta didik yang melakukan pelanggaran, mengoordinasikan kegiatan-kegiatan dakwah di sekolah dan meningkatkan wawasan peserta didik tentang agama Islam, dan mengawasi perilaku peserta didik dalam kegiatan dan pergaulan sehari-hari sesuai dengan tuntunan akhlakul karimah agar tidak salah dalam memilih pergaulan (3) Peran guru Akidah Akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Darul Faizin Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang yaitu membangkitkan minat belajar peserta didik, memberikan suasana yang menyenangkan dalam belajar dengan bersikap friendly kepada peserta didik, memberikan reward kepada peserta didik setiap berhasil mengerjakan sesuatu, selalu menasehati tentang hal-hal yang baik, menceritakan kisah tokoh inspiratif, dan menceritakan pengalaman yang dialami oleh guru dengan dikaitkan materi-materi pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193131 MOHAMMAD DZULKIFLI ANUGRAH
Date Deposited: 04 Jul 2023 12:22
Last Modified: 04 Jul 2023 12:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36877

Actions (login required)

View Item View Item