PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IX TINGKAT SMP/MTS (Study Kasus di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, SMPI Al Khoiriyah Tulungagung, dan MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung)

AHMAD YUS ANANDRA FEBRIYANTO, 12209193029 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IX TINGKAT SMP/MTS (Study Kasus di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, SMPI Al Khoiriyah Tulungagung, dan MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (341kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Video Pembelajaran Materi Globalisasi Siswa Kelas IX Tingkat SMP/MTS (Studi penelitian SMPN 2 Sumbergempol, SMPI Al Khoiriyah Tulungagung, MTs Aswaja Tunggangri)”ini ditulis oleh Ahmad Yus Anandra Febriyanto, NIM.12209193029, pembimbing Hendra Pratama, M. Pd. Kata kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, SMP/MTS Penelitian ini dilatar belakangi guru dimasing-masing sekolah tidak menggunakan media, siswa hanya mendapatkan materi globalisasi dari tulisan yang ada di LKS dan buku peket IPS. Penggunaan LKS maupun buku paket memiliki kekurangan yaitu minimnya gambar serta banyaknya tulisan. Akibatnya siswa tidak bisa memahami materi dengan baik. sehingga peneliti perlu merancang media pembelajaran yang menarik. Salah satu pengembangan media pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video. Pembelajaran video memuat unsur kemenarikan, dengan demikian siswa dapat memvisualisasikan pembelajaran dengan mudah karena siswa dapat melihat gambaran nyata dari materi yang tertuang dalam video tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana analisis kebutuhan siswa disekolah tingkat SMP/MTS terhadap media pembelajaran? 2) Bagaimana proses pengembangan video pembelajaran materi globalisasi pada siswa kelas IX tingkat SMP/MTS? 3) Bagaimana hasil kevalidan video pembelajaran materi globalisasi pada siswa kelas IX tingkat SMP/MTS? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran IPS dalam bentuk video untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi globalisasi kelas IX di SMPN 2 Sumbergempol, SMPI Al Khoiriyah Tulungagung dan MTs Aswaja Tunggangri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan media, validasi ahli, uji coba awal lapangan, revisi produk operasional, uji coba lapangan skala besar, uji validasi media, revisi prosedur akhir, dan distribusi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Sumbergempol dengan subyek penelitia kelas IX E, SMPI Al Khoiriyah Tulungagung dengan subyek penelitian klas IX B dan MTs Aswaja Tunggangri dengan subyek penelitian kelas IX B. Data penelitian ini diperoleh melalui analisis awal, angket validasi, angket siswa dan pengamatan aktifitas peserta didik. Data kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan statik deskriptif untuk keperluan evaluasi media.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial > ASEAN
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193029 AHMAD YUS ANANDRA FEBRIYANTO
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:03
Last Modified: 06 Jul 2023 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36988

Actions (login required)

View Item View Item