IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RAMAH ANAK MELALUI SEKOLAH INKLUSI DI SD PLUS RAHMAT KOTA KEDIRI

M. FIQI ZAMZAMI, 12205193240 (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RAMAH ANAK MELALUI SEKOLAH INKLUSI DI SD PLUS RAHMAT KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (507kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Ramah Anak Melalui Sekolah Inklusi di SD Plus Rahmat Kota Kediri” ini ditulis oleh M. Fiqi Zamzami, NIM 12205193240, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Ramah Anak Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan yang sampai sekarang masih terjadi diskriminasi dalam dunia pendidikan. Anak Bekebutuhan Khusus juga perlu mendapatkan bimbingan serta pengajaran yang sama seperti anak normal lainnya. Dengan adanya sekolah inklusi merupakan bentuk pemerataan pendidikan untuk seluruh anak dalam kondisi apapun. SD Plus Rahmat Kota Kediri merupakan salah satu sekolah yang menerapkan program tersebut, semua anak memiliki harkat dan martabat juga dalam memperoleh pendidikan. Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, merupakan alasan peneliti mengangkat penekitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pendidikan ramah anak melalui sekolah inklusi di SD Plus Rahmat Kota Kediri. (2) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan ramah anak melalui sekolah inklusi di SD Plus Rahmat Kota Kediri. (3) mendeskripsikan evaluasi pendidikan ramah anak melalui sekolah inklusi di SD Plus Rahmat Kota Kediri. Dalam penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. (1) person yaitu (a) Guru Pelaksana Pendidikan Ramah Anak dan Guru Pendamping Khusus (2) paper (kertas/dokumen) yaitu dokumen foto (3) place (tempat) yaitu SD Plus Rahmat Kota Kediri. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan ramah anak dengan menggunakan kelas metode pull out, pembelajaran dikelas dengan lingkungan belajar ramah anak seperti empati, tolong menolong, mengormati, serta terdapat dua rapot penilaian yakni akademik dan keterampilan. (2) Pelaksanaan pendidikan ramah anak dengan menggunakan dua kurikulum; merdeka dan K-13, serta dalam pembelajaran terdapat training tuntas atau dan pelatihan soft skill, dan pemberian angket penilaian yang dilakukan oleh orang tua. (3) Evaluasi pendidikan ramah anak dengan menggunakan penilaian melihat prestasi yang dicapai sebelumnya, terdapata evaluasi kinerja capaian guru beserta kepala sekolah, serta agenda Sharing rutin oleh guru dan psikolog.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Sekolah Inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193240 M. FIQI ZAMZAMI
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:28
Last Modified: 05 Jul 2023 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37033

Actions (login required)

View Item View Item