STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

KHOIRUNNIKMAH AMANATTILLAH MUTIS, 12205193002 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
DAFAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengembangkan Minat Baca Peserta Didik Melalui Program Literasi Sekolah di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Khoirunnikmah Amanattillah Mutis, NIM. 12205193002, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Ramatullah Tulungagung 2023, Dosen Pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Pd. Kata Kunci : stategi guru, minat baca, program literasi sekolah. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya minat baca siswa. Agar meningkatnya minat baca siswa sebagai guru harus memiliki strategi yang tepat untuk mengembangkan minat baca siswa. Program literasi dipilih karena dirasa sangat efektif untuk mengembangkan minat baca siswa. Minat baca siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor penghambat. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan observasi, untuk mengetahui minat baca siswa kelas rendah dan strategi guru dalam mengembangkan minat baca siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah 1) Bagaimana minat baca siswa kelas rendah di MI Tarbiyatul Islamiyah Tunggur Rejotangan Tulungagung?. 2) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan minat baca spontan peserta didik melalui program literasi sekolah di MI Tarbiyatul Islamiyah Tunggur Rejotangan Tulungagung?. 3) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan minat baca terpola peserta didik melalui program literasi sekolah di MI Tarbiyatul Islamiyah Tunggur Rejotangan Tulungagung? Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah 1) Mendeskripsikan minat baca siswa kelas rendah di MI Tarbiyatul Islamiyah Tunggur Rejotangan Tulungagung?. 2) Mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan minat baca spontan peserta didik melalui program literasi sekolah di MI Tarbiyatul Islamiyah Tunggur Rejotangan Tulungagung?. 3) Mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan minat baca terpola peserta didik melalui program literasi sekolah di MI Tarbiyatul Islamiyah Tunggur Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, dan 3) Menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) minat baca siswa kelas rendah yaitu masih pada tingkat rata-rata kebawah, hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa siswa yang masih memiliki kemampuan membaca rendah. 2) strategi guru dalam mengembangkan minat baca spontan siswa melalui program literasi dengan menggunakan fasilitas sekolah yaitu menggunakan slogan dilingkungan sekolah, menghidupkan mading (majalah dinding) dan menggunakan papan bicara. 3) strategi guru dalam mengembangkan minat baca terpola siswa melalui program literasi disesuaikan kemampuan dan kebutuhan tiap siswa dengan membangun suasana yang menarik dan menyenangkan, pembiasaan mengaji tiap pagi hari, setoran hafalan, pembiasaan pagi literasi 10 menit sebelum pembelajaran, memberikan tugas rumah, dan dan mengajak siswa berkunjung keperpustakaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193002 KHOIRUNNIKMAH AMANATTILLAH MUTIS
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:31
Last Modified: 05 Jul 2023 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37076

Actions (login required)

View Item View Item