PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN KELAS VIII TINGKAT SMP/MTS (Studi Penelitian MTs Miftahul Huda Ngunut, SMPN 1 Sumbergempol, dan SMPI AL Khoiriyah Tulungagung)

AHMAD ZAKIYAL AJIS ALI, 12209193062 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN KELAS VIII TINGKAT SMP/MTS (Studi Penelitian MTs Miftahul Huda Ngunut, SMPN 1 Sumbergempol, dan SMPI AL Khoiriyah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (704kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Video Pembelajaran Materi Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan Kelas VIII Tingkat SMP/MTs (Studi penelitian MTs Miftahul Huda Ngunut,SMPN 1 Sumbergempol dan SMPI AL Khoiriyah)” ini ditulis oleh Ahmad Zakiyal Ajis Ali, NIM. 12209193062, Pembimbing Hendra Pratama, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Latar belakang Penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, yang mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa mengenai materi Perubahan Masyarakat Indonesia pada masa penjajahan kelas VIII dalam Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil observasi yang dilakukan pada tiga sekolah pada tanggal 29 Oktober hingga 5 November 2022 menunjukkan bahwa terdapat berbagai masalah, seperti kurangnya pemanfaatan media, siswa merasa bosan dengan bahan ajar yang diberikan, dan kurangnya perhatian terhadap materi, sehingga menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi menjadi kurang. Oleh karena itu, media yang dianggap efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa adalah media video. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1).Bagaimana Analisis kebutuhan pada peserta didik kelas VIII tingkat SMP/MTs? 2) Bagaimana proses pengembangan media video pembelajaran materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan kelas VIII tingkat SMP/MTs? 3) Bagaimana hasil validitas pengembangan media video pembelajaran materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan kelas VIII tingkat SMP/MTs? Penelitian ini ditujukan untuk pengembangan media pembelajaran yang digunakan sebagai peningkatan pemahaman siswa. Pengembangan ini menggunakan metode pengembangan Borg and Gall dan teknik analisis data deskriptif kualitatif serta statistik deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII pada tiga sekolah. Analisis data menggunakan skala linkert dengan hasil validasi media 80%, ahli materi 84,2%, guru IPS pada tiga sekolah yaitu 85,7%, 87,1%, dan 92,8% dari hasil tersebut maka dapat dikatakan valid. Sedangkan hasil respon peserta didik mendapat hasil 91%, 90%, dan 89%, sehingga media dikategorikan layak dan valid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193062 Ahmad Zakiyal Ajis Ali
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:42
Last Modified: 05 Jul 2023 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37137

Actions (login required)

View Item View Item