WULAN SEPTA TRI SURYANINGSIH, 12205193149 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MI RIYADLOTUL UQUL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MI RIYADLOTUL UQUL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG” ini ditulis oleh Wulan Septa Tri Suryaningsih, NIM. 12205193149, pembimbing Drs. Timbul, M. Pd. I Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Kemampuan Membaca dan Menghafal Skripsi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang mana membuat anak-anak memiliki kesempatan yang besar untuk mengakses teknologi hanya melalui genggaman tangan. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin cepat, anak- anak mulai kecanduan dengan teknologi. Anak-anak lebih memilih mengakses teknologi melalui ponsel dibandingkan belajar Al-Qur’an. Oleh sebab itu, MI Riyadlotul Uqul mengadakan program membaca dan menghafal Al Qur’an yang di harapkan siswa mampu menghadapi tantangan zaman dan perkembangan teknologi yang sangat pesat sebagai generasi penerus islam. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya dibutuhkan strategi guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal membaca dan menghafal Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan kegiatan pembiasaan membaca dan menghafal Al-Qur’an di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung?, (2) Bagaimana kemampuan membaca dan menghafal Al- Qur’an siswa MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung?, (3) Bagaimana kelebihan dan kekurangan dari program pembiasaan membaca dan menghafal Al-Qur’an di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan penelitiannya adalah: (1) Menganalisis langkah-langkah penerapan kegiatan pembiasaan membaca dan menghafal Al-Qur’an di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung, (2) Menganalisis kemampuan membaca dan menghafal Al- Qur’an siswa MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung, (3) Menganalisis kelebihan dan kekurangan dari program pembiasaan membaca dan menghafal Al-Qur’an di MI Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan teknik triagulasi sumber dan data, sedangkan analisis data yang dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembiasaan membaca dan menghafal Al- Qur’an dilakukan setiap pagi yakni 15 menit sebelum pembelajaran pertama dimulai. Guru mengawasi kegiatan pembiasaan yang berlangsung. (2) Kemampuan membaca dan menghafal siswa di MI Riyadlotul Uqul beragam, ada yang sudah masuk juz, ada pula yang masih iqra. (3) Kelebihan program pembiasaan yakni: meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa meningkat. Kekurangan program pembiasaan yakni: tidak meratanya kitab yang digunakan sehingga digantikan dengan menggunakan juz amma.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193149 WULAN SEPTA TRI SURYANINGSIH |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 04:37 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 04:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37187 |
Actions (login required)
View Item |