ANIK HARISAH, 12204173270 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTS. DARULLUGHAH WAL KAROMAH MATERI GEOMETRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (802kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (330kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnomateatika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII MTs Darul Lughah Wal Karomah Materi Geometri” ini ditulis oleh Anik Harisah, NIM. 12204173270, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah, dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Problem Based Learning, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Geometri Penelitian ini didasari oleh kurangnya siswa dalam memecahkan masalah pada pembelajaran matematika. Selain itu selama ini guru juga masih sering menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif dalam menggali informasi, bosan saat belajar, dan hanya melakukan aktivitas mencatat penjelasan guru saja. Oleh karena itu penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Darullughah Wal Karomah pada materi geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh model Problem Based Learning berbasis etnomatenatika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Darullughah Wal Karomah pada materi geometri, (2) Besarnya Pengaruh Model Problem Based Learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Darullughah Wal Karomah pada materi geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berupa quasi eksperimentas design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Darul Lughah Wal Karomah Tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes. Adapun analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan rata-rata (uji-T) da uji besar perbedaan (uji N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model Problem Based Learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Darullughah Wal Karomah. (2) Terdapat besar pengaruh yang signifikan pada model Problem Based Learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Darullughah Wal Karomah yaitu 70% berefek sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173270 ANIK HARISAH |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 06:06 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 06:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37190 |
Actions (login required)
View Item |