PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTS. DARULLUGHAH WAL KAROMAH MATERI GEOMETRI

ANIK HARISAH, 12204173270 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTS. DARULLUGHAH WAL KAROMAH MATERI GEOMETRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (802kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnomateatika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII MTs Darul Lughah Wal Karomah Materi Geometri” ini ditulis oleh Anik Harisah, NIM. 12204173270, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah, dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Problem Based Learning, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Geometri Penelitian ini didasari oleh kurangnya siswa dalam memecahkan masalah pada pembelajaran matematika. Selain itu selama ini guru juga masih sering menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif dalam menggali informasi, bosan saat belajar, dan hanya melakukan aktivitas mencatat penjelasan guru saja. Oleh karena itu penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Darullughah Wal Karomah pada materi geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh model Problem Based Learning berbasis etnomatenatika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Darullughah Wal Karomah pada materi geometri, (2) Besarnya Pengaruh Model Problem Based Learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Darullughah Wal Karomah pada materi geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berupa quasi eksperimentas design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Darul Lughah Wal Karomah Tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes. Adapun analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan rata-rata (uji-T) da uji besar perbedaan (uji N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model Problem Based Learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Darullughah Wal Karomah. (2) Terdapat besar pengaruh yang signifikan pada model Problem Based Learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Darullughah Wal Karomah yaitu 70% berefek sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173270 ANIK HARISAH
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:06
Last Modified: 06 Jul 2023 06:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37190

Actions (login required)

View Item View Item