PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG

ETY NOVITASARI, 12206183032 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Ety Novitasari, 12206183032, 2022, Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran Makro Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B Di TK Al-Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci : Bermain Peran Makro, Perkembangan Sosial Emosional TK Al Khodijah Kedngsoko Tulungagung merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU. Perkembangan sosial emosional anak disekolah kurang berjalan dengan baik dan optimal, serta memiliki kekurangan. Hal ini terlihat dari kurangnya kemandirian pada anak, sikap tanggung jawab pada anak, kurangnya rasa percaya diri pada anak, dan kurangnya rasa bersosial terhadap teman yang lain. Maka dari itu peneliti meneliti tentang pengaruh model pembelajaran sentra bermain peran makro untuk perkembangan sosial emosial anak Rumusan masalah penelitian ini pertama adakah pengaruh model pembelajaran sentra bermain peran makro terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Kedua seberapa besar pengaruh model pembelajaran sentra bermain peran makro terhadap sosial emosional anak kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran sentra bermain peran makro terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi dengan menggunakan check list untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak dan dokumentasi digunakan untuk mencari informasi data tentang populasi, sampel, sarana prasarana, dan dokumen yang ada di lembaga. Analisis data dimulai dari penelitian, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah pertama bermain peran makro sangat mempengaruhi pada perkembangan sosial emosional anak, hal ini dibuktikan oleh sikap percaya diri, sikap saling interaksi sesama teman, dan rasa tanggungjawab yang tinggi pada anak setelah bermain peran. Kedua faktor pendukung dalam mengembangkan perkembangan sosial emosional anak yaitu guru harus lebih aktif dan kreatif dalam memberikan kegiatan bermain peran dan memberikan arahan terhadap peran yang dimainkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: Rizqy Faidatul
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:30
Last Modified: 06 Jul 2023 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37211

Actions (login required)

View Item View Item