ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PESERTA DIDIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

UMI NURFITA ZAHRO’, 12205193079 (2023) ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PESERTA DIDIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Pola Asuh Orang Tua Dan Perkembangan Psikososial Peserta Didik Di Mi Hidayatul Mubatdiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Umi Nurfita Zahro’, NIM 12205193079, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing: M. Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Psikososial, dan Peserta Didik Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pola asuh yang diterapkan orang tua akan memberikan keterkaitan pada setiap aspek perkembangan anak. Dalam hal ini sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana perkembangan psikososial seorang anak pada zaman sekarang yang dengan sekian hari selalu mengalami peningkatan. Orang tua saat ini banyak yang tidak menyadari bahwasannya anak merupakan anugerah sebagai titipan Tuhan Yang Maha Esa. Sejatinya keluarga sangat berperan penting sebagai dasar perkembangan psikis dan sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua peserta didik kelas 4 di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan perkembangan psikososial peserta didik kelas 4 di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan keterkaitan pola asuh orang tua dan perkembangan psikososial peserta didik kelas 4 di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer berupa Hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas 4, orang tua wali kelas 4, peserta didik kelas 4 MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, bapak & ibu guru, hasil observasi kegiatan pembelajaran, dan hasil dokumentasi. Sumber data sekunder berupa arsip dan catatan pendukung. Teknik analisis data yang dipakai yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Triangulasi penelitian menggunakan sumber, teknik, waktu dengan menggabungkan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pola asuh merupakan metode daripada gaya pengasuhan anak melalui interaksi antara orang tua dengan anak yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian dan juga perkembangan psikososial sampai dalam tahap pencapaian pendewasaan anak. Dalam penelitian ini mendapati hasil bahwasannya peserta didik kelas 4 mendapati pola asuh demokratis dan juga permisif (2) Perkembangan psikososial adalah proses dari sebuah perubahan kemampuan peserta didik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial nya yang lebih luas lagi. Dalam hal ini perkembangan psikososial peserta didik kelas 4 ada yang stabil ada yang melebihi batas kemampuan dan ada yang melebihi batas kemampuan (3) Setiap pola asuh yang digunakan orang tua akan memberikan dampak tersendiri dalam jiwa sosial anak baik dari pola asuh otoriter, demokratis, maupun permisif. dalam hal ini perlunya memperhatikan cara pemilihan pola asuh yang akan diterapkan karena nantinya dapat mendorong anak agar dapat mampu dan bisa diterima di lingkungan sosialnya, serta dapat bertanggung jawab untuk dirinya sendiri dan memiliki jiwa sosial. Dalam hal ini pola asuh orang tua memberikan keterkaitan dengan perkembangan psikososial peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193079 UMI NURFITA ZAHRO’
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:42
Last Modified: 06 Jul 2023 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37217

Actions (login required)

View Item View Item