CHOIRUN NISA' MUSTOFA, 12207193101 (2023) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS PESERTA DIDIK DI SMPN 1 KEDUNGPRING LAMONGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran Pendidikan, Kuantitas Peserta Didik Skripsi ini memuat tentang manajemen pemasaran pendidikan dalam dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di SMPN 1 Kedungpring Lamongan yang dilatar belakangi oleh kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh sekolah untuk menghadapi persaingan yang ada antar lembaga pendidikan dengan tujuan mencapai target lembaga yang berkaitan dengan jumlah penerimaan peserta didik. Pemasaran pendidikan merupakan kegiatan yang pengaruhnya sangat besar terhadap jumlah peserta didik, dengan adanya manajemen pemasaran yang baik maka akan menarik minat peserta didik dan lembaga bisa tetap eksis di mata masyarakat sehingga terus diminati. Fokus penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di SMPN 1 Kedungpring Lamongan? 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di SMPN 1 Kedungpring Lamongan? 3) Bagaimana evaluasi manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di SMPN 1 Kedungpring Lamongan?. Penelitian ini bertujuan untu 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di SMPN 1 Kedungpring Lamongan. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di SMPN 1 Kedungpring Lamongan. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik di SMPN 1 Kedungpring Lamongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif fenomenologi yang mana dalam hal ini peneliti berusaha mendiskripsikan dan manganalisis persepsi pemikiran orang berdasarkan pengalaman sosial dari orang tersebut. Sumber dat yang digunakan adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang humas, wakil kepala bidang kesiswaan, guru, dan wali murid. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan kegiatan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukan triangulasi, meningkatkan ketekunan dalam penelitian, dan menggunakan bahan referensi serta mengadakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam perencanaan pemasaran pendidikan di SMPN 1 Kedungpring Lamongan ini merupakan proses penyusunan rencana pemasaran pendidikan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah. hal tersebut dimaksudkan agar perencanaan yang tersusun lebih baik, 2) Dalam pelaksanaan manajemen pemasaran pendidikan di SMPN 1 Kedungpring Lamongan dalam peningkatan kuantitas peserta didik dalam wujud realisasi dari program yang telah direncanakan proses pemasaran menggunakan media digital diantaranya web sekolah, facebook, Instagram dan story whatsapp. Kemudian lewat media cetak banner, pamflet, brosur, dari mulut ke mulut, wali murid, peserta didik, tetangga dan teman, ditambah dengan penyelenggaraan sosialisasi perpustakaan digital dan lomba futsal yang diikuti oleh seluruh SD/MI yang berada diwilayah Kecamatan Kedungpring, 3) Dalam evaluasi pemasaran pendidikan di SMPN 1 Kedungpring untuk peningkatan kuantitas peserta didik yakni dengan pembuatan laporan setelah program selesai yang akan dijadikan tolak ukur keberhasilan kegiatan pemasaran tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Choirunnis 12207193101 Choirun Nisa' Mustofa |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 08:41 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 08:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37226 |
Actions (login required)
View Item |