PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS 8 MTS SYAFIIYAH BESUK PROBOLINGGO

ITA PURNAMA SARI, 12209193026 (2023) PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS 8 MTS SYAFIIYAH BESUK PROBOLINGGO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Perbandingan Antara Model Pembelajaran Numbered Head Together Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas 8 MTs Syafiiyah Besuk Probolinggo” ini ditulis oleh Ita Purnama Sari, NIM. 12209193026, Pembimbing Bagus Setiawan, M.Pd. Kata Kunci : Numbered Head Together, Discovery Learning, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa masih belum maksimal dan belum mencapai ketuntasan hasil belajar. Hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor dari siswa, guru, maupun model/metode pembelajaran yang diterapkan. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah hasil belajar siswa yang rendah dengan mencoba menerapkan dua model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan kemudian membandingkan kedua model tersebut untuk melihat lebih efisien dan lebih efektif model pembelajaran yang mana ketika diterapkan di dalam kelas. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran IPS terpadu kelas 8 MTS Syafiiyah Besuk Probolinggo Tahun Ajaran 2022/2023? (2) Bagaimana hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran IPS kelas 8 MTS Syafiiyah Besuk Probolinggo Tahun Ajaran 2022/2023? (3) Bagaimana perbandingan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan dengan menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran IPS kelas 8 MTS Syafiiyah Besuk Probolinggo Tahun Ajaran 2022/2023? Pendekatan dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian one grup pretest-postest, yang mana dalam jenis penelitian ini hanya menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen ditentukan dengan menggunakan teknik pemilihan sampel yakni teknik Simple Random Sampling (pengambilan sampel secara acak) maka dari itu peneliti menetapkan kelas VIII-A menjadi kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), dan uji hipotesis (uji t-test). Hasil penelitian untuk menjawab rumusan masalah diatas yakni (1) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning siswa belajar secara langsung dan tidak terpaku pada materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu ketika penerapan model pembelajaran Numbered Head Together siswa juga nampak lebih aktif dan dapat mengutarakan ide-idenya sendiri. (2) Hasil belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together dan Discovery Learning sudah mendapatkan hasil yang optimal, hal ini dibuktikan dengan adanya nilai pretest dan nilai posttest siswa. (3) Perbandingan kedua model pembelajaran tersebut yakni keduanya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil Uji T keduanya didapatkan output diketahui Sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Rata-rata nilai yang diperoleh saat diterapkan model NHT yakni 81,6 dan Discovery Learning yakni 77,55.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193026 ita purnama sari
Date Deposited: 09 Jul 2023 02:41
Last Modified: 09 Jul 2023 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37227

Actions (login required)

View Item View Item