IMPLEMENTASI METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA IPS KELAS VIII SMP “EMPAT LIMA” KARANGGENENG LAMONGAN

ROHMATUL HIDAYATI MAULIDIYAH, 12209193098 (2023) IMPLEMENTASI METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA IPS KELAS VIII SMP “EMPAT LIMA” KARANGGENENG LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa IPS Kelas VIII SMP “Empat Lima” Karanggeneng Lamongan. Di tulis oleh Rohmatul Hidayati Maulidiyah, NIM. 12209193098, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmtullah Tulungagung dan dibimbing oleh bapak Drs. H. Jani, M.M. M.Pd. Kata Kunci: Metode Brainstorming, Pemahaman Kognitif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembelajara yang menggunakan metode brainstorming yang dilakukan pada sekolah SMP “Empat Lima” Karanggeneng Lamongan. Metode brainstorming merupakan metode dimana siswa yang dilatih untuk dapat memberikan pendapat, solusi atau ide dan siswa di berikan keluasan tanpa adanya kritikan atau sanggahan baik dari temannya sediri atau dari guru yang sesuai dengan permasalahan. Metode brainstorming ini cocok untuk digunakan pada pelajaran IPS utamanya pada tingakatan SMP. Metode brainstorming juga dapat meningkatkan pemahaman kognitif sebab siswa dapat memperoleh informasi dan pengetahuan yang baru dari mencari reverensi, sehingga siswa dapat berpikir dengan kreatif dan inovatif, dan bisa juga menambah percaya diri pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui langkah-langkah penerapan metode brainstorming oleh guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa IPS kelas VIII SMP “Empat Lima” Karanggeneng Lamongan Tahun Pelajaran 2022-2023, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode brainstorming oleh guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif IPS kelas VIII SMP “Empat Lima” Karanggeneng Lamongan Tahun Pelajaran 2022/2023, (3) mengetahui pendukung dan dampak metode brainstorming oleh guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa IPS kelas VIII SMP “Empat Lima” Karanggeneng Lamongan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriktif. Metode kualitatif yaitu metode yang datanya berasal dari data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang yaitu menggunakan konsep Milen dan Huberman yang menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu guru menerapkan (1) langkah-langkah metode brainstorming dengan baik dan benar untuk dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan kognitif siswa dengan cara siswa mencari reverensi untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan yang baru, siswa juga lebih percaya diri dalam memberikan solusi atau pendapat dan siswa lebih aktif pada saat pembelajaran. (2) Faktor pendukung metode brainstorming dalam pelajaran IPS yaitu kondisi lingkungan yang mendukung yaitu kesehatan jasmani, memiliki guru yang berkualitas . Faktor penghambat pada metode brainstorming yaitu siswa yang masih ada yang malu-malu pada saat memberi solusi atau pendapat, siswa masih sulit untuk merangkai kata-kata yang baik, konsentrasi siswa yang kurang pada saat belajar, kurangnya motivasi, dan perhatian dari orang tua, terdapat materi yang sulit untuk dipahami. (3) Dampak dari metode brainstorming pada pelajaran IPS yaitu siswa lebih percaya diri pada saat memberikan pendapat atau solusi, pembelajaran yang tidak membuat siswa bosan yang bersemangat dalam belajar IPS, dapat mengontrol ego dan emosi siswa sehingga siswa bisa sabar dan menghargai pendapat temanya, informasi dan pengetahuan bertambah dan meningkat, siswa lebih bisa berpikir kreatif, kritis dan inovatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193098 Rohmatul Hidayati Maulidiyah
Date Deposited: 09 Jul 2023 06:29
Last Modified: 09 Jul 2023 06:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37271

Actions (login required)

View Item View Item