KARTIKA HIMMATU 'ADILA, 12205193211 (2023) HUBUNGAN KEDISIPLINAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI AL-WATHONIYAH TEGALREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (58kB) | Preview |
Abstract
skripsi dengan judul "Hubungan Kedisiplinan dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan tulungagung" yang ditulis oleh Kartika Himmatu 'Adila, NIM 12205193211. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Susanto, M.Or. Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi di lapangan ditemukan bahwa ada beberapa siswa yang mempunyai kedisiplinan belajar kurang seperti halnya tidak mengerjakan tugas tepat waktu, sering ngobrol sendiri ketika guru menjelaskan, kurangnya minat dalam belajar, serta ada beberapa anak yang memiliki hasil belajar rendah. Maka dari itu perlu penanaman kedisiplinan belajar sejak kecil, karena akan membantu anak dalam mengontrol dirinya dalam pembentukan kesadaran diri dalam belajar tanpa adanya unsur keterpaksaan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hubungan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Wathoniyah Tegalrejo. (2) Untuk mengetahui hubungan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Wathoniyah Tegalrejo. (3) Untuk mengetahui hubungan kedisiplinan dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Wathoniyah Tegalrejo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Wathoniyah Tegalrejo yang berjumlah 14 siswa. Teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dan uji t dengan bantuan IBM SPSS versi 29.0. Berdasarkan perhitungan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa dengan T hitung > T tabel atau 8,238 > 2,201dengan sign 0,001 < 0,05. (2) Terdapat hubungan minat belajar terhadap hasil belajar siswa dengan T hitung > T tabel atau 2,477 > 2,201 dengan sign 0,031 < 0,05. (3) Terdapat hubungan kedisiplinan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar dengan T hitung > T tabel atau 6,698 > 2,201. Kesimpulan dari penelitian ini, terdapat hubungan antara kedisiplinan terhadap hasil belajar yang meliputi menaati tata tertib, mengerjakan tugas, serta mengikuti pembelajaran. Hal tersebut juga sejalan dengan minat belajar yang berhubungan dengan hasil belajar siswa, karena dengan munculnya minat belajar maka siswa akan terdorong untuk melakukan kegiatan belajar tanpa paksaan. Kedisiplinan dan minat belajar sangatlah penting dalam kegiatan pembelajaran, karena nantinya akan berpengaruh positif dalam pencapaian prestasi siswa serta melatih kepribadian yang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Minat Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193211 KARTIKA HIMMATU 'ADILA |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 06:59 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 06:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37312 |
Actions (login required)
View Item |