PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY MENGGUNAKAN STUDENT WORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG

SOVY NUR JANNAH, 2814123145 (2016) PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY MENGGUNAKAN STUDENT WORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAMPUL DEPAN.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Guided Discovery Menggunakan Student Worksheet Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Sovy Nur Jannah, NIM. 2814123145 dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Guided Discovery, Student Worksheet, Hasil Belajar Banyaknya Lembar Kerja Siswa (LKS) yang beredar tidak selalu memiliki dampak positif bagi kemajuan belajar siswa, disebabkan karena soal-soal yang disusun tidak hirarkis. Hal ini dapat berakibat terjadinya kesenjangan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karenanya perlu di konstruk Lembar Kerja Siswa (LKS) yang merangsang siswa untuk belajar mandiri, lebih aktif, dan kreatif. LKS yang memungkinkan adalah Student Worksheet Guided Discovery. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode guided discovery menggunakan student worksheet terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh metode guided discovery menggunakan student worksheet terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa dua kelas di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung yaitu VIII A dan VIII B, dimana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 22 siswa dengan menggunakan metode guided discovery menggunakan student worksheet dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan siswa berjumlah 22 siswa dengan menggunakan metode ekspositori menggunakan buku sekolah. Mata pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran matematika materi persamaan linear dua variabel yakni pokok bahasannya adalah sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa, Ada pengaruh yang signifikan metode guided discovery menggunakan student worksheet terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil post test siswa kelas eksperimen (VIII A) lebih besar dari pada siswa kelas kontrol (VIII B) karena pembelajaran guided discovery akan lebih mudah diserap oleh siswa dalam memahami pembelajaran. Dalam pembelajaran guided discovery ini siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran. Siswa diarahkan agar bisa memperoleh pengalaman-pengalaman dalam menemukan sendiri konsep yang direncanakan guru dengan menggunakan student worksheet. Metode guided discovery menggunakan student worksheet berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung dengan kategori sedang yaitu sebesar 76%. Hal ini dikarenakan faktor intelegensi dan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika, disisi lain terbatasnya waktu penelitian sehingga siswa tidak mendapatkan banyak latihan soal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123145 sovy nur jannah
Date Deposited: 20 Oct 2016 01:33
Last Modified: 20 Oct 2016 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3734

Actions (login required)

View Item View Item