PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL

ERIKA AINUN SAFITRI, 12209193108 (2023) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (781kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Safitri, Erika Ainun. 2023. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas IX Di SMPN 2 Sumbergempol. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan IPS, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Anggoro Putranto, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci: Pemberian Reward, Minat Belajar, Hasil Belajar IPS Penelitian ini berlatar belakang dari keadaan kelas ketika pembelajaran siswa kurang semangat dan cenderung pasif. Siswa menganggap IPS membosankan dan sulit sehingga siswa minat belajar siswa rendah. Minat belajar siswa dapat berpengaruh pada hasil belajar yang diperoleh. Siswa dengan minat belajar rendah cenderung pasif sehingga hasil belajar yang didapat kurang memuaskan. Upaya yang dapat dilakukan dengan menciptakan suasana belajar menyenangkan dengan penggunaan metode belajar yang tepat dan menarik salah satunya dengan pemberian reward. Pemberian reward menjadikan siswa untuk aktif dan lebih semangat sehingga mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Penggunaan reward dalam pemdidikan dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar mata pelajaran IPS kelas IX di SMPN 2 Sumbergempol ? (2) Bagaimana pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas IX di SMPN 2 Sumbergempol ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Melihat pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar mata pelajaran IPS kelas IX di SMPN 2 Sumbergempol. (2) Melihat pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar IPS kelas IX di SMPN 2 Sumbergempol. Pada penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif metode Quasi Eksperimen Design dengan variabel bebas ialah pemberian reward dan variabel terikat ialah minat belajar dan hasil belajar. Objek penelitian ini ialah siswa kelas IX di SMPN 2 Sumbergempol. Pengumpulan data didapatkan dari angket / kuesioner, tes, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t-test. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan di SMPN 2 Sumbergempola pada tanggal 31 Januari sampai 16 Februari 2023 sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh signifikan pemberian reward terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMPN 2 Sumbergempol. Hal ini diketahui dari nilai Sig. (2-tailed) 0,045 < 0,05, maka Hο ditolak dan Hı diterima. (2) Terdapat pengaruh signifikan pemberian reward terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMPN 2 Sumbergempol. Hal ini diketahui dari nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Hο ditolak dan Hı diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193108 Erika Ainun Safitri
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:04
Last Modified: 11 Jul 2023 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37405

Actions (login required)

View Item View Item