PROFIL INTUISI SISWA KELAS VIII MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN VISUAL-SPASIAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

NUR ALIFAH, 12204173264 (2023) PROFIL INTUISI SISWA KELAS VIII MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN VISUAL-SPASIAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Profil Intuisi Siswa Kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis dan Visual-Spasial pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar” ini ditulis oleh Nur Alifah, NIM. 12204173264, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Intuisi, pemecahan masalah, logis-matematis, visual-spasial, bangun ruang sisi datar Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak siswa yang belum mampu memecahkan soal non-rutin, sehingga ketika siswa diberi soal dengan tipe ini kurang tertantang serta tidak terlatih dalam memunculkan ide penyelesaian. Selain itu pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai objek yang pasif sehingga guru cenderung mendominasi pembelajaran membuat siswa hanya memahami pelajaran tanpa menalar lebih dalam, hal ini membuat siswa mengerjakan soal-soal matematika secara prosedural. Oleh karena itu, penulis tertarik mengadakan penelitian untuk melihat intuisi siswa dalam memecahkan masalah geometri ditinjau dari kecerdasan logis-matematis dan visual-spasial pada materi pokok bangun ruang sisi datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) intuisi siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung dalam memecahkan masalah geometri dari sisi siswa berkecerdasan logis-matematis, dan (2) ) intuisi siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung dalam memecahkan masalah geometri dari sisi siswa berkecerdasan visual-spasial. Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitative research yang akan menjabarkan data secara deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Pemilihan subjek penelit ian dilakukan dengan menggunakan angket kecerdasan majemuk dan pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dua subjek dengan kecerdasan logis-matematis saat memahami masalah menggunakan intuisi affirmatory, pada tahap merencanakan pemecahan masalah subjek menggunakan intuisi affirmatory, sedang pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek tidak menggunakan intuisi sama sekali, sedang pada tahap memeriksa kembali, salah satu subjek menggunakan intuisi konklusif sedangkan yang lainnya tidak menggunakan intuisi (2) dua subjek dengan kecerdasan visual spasial saat memahami masalah cenderung menggunakan intuisi antisipatori, pada tahap merencanakan pemecahan masalah ke dua subjek juga menggunakan intuisi antisipatori, pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah ke duanya tidak ada aktivitas intuisi terjadi, sedang pada tahap memeriksa kembali ke duanya menggunakan intuisi konklusif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:47
Last Modified: 11 Jul 2023 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37441

Actions (login required)

View Item View Item