PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN KELAS VII TINGKAT MTS/SMP (Studi penelitian ; MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, MTsN 1 Blitar, SMPN 3 Srengat)

INDAH DWI LESTARI, 12209193080 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN KELAS VII TINGKAT MTS/SMP (Studi penelitian ; MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, MTsN 1 Blitar, SMPN 3 Srengat). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang variasi guru dalam menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini yakni mengembangkan media video pembelajaran dan pengembangan video pembelajaran telah sering dilakukan untuk mengobservasi efektivitas media terhadap kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui analisis kebutuhan penggunaan media video pembelajaran kelas VII tingkat MTs/SMP pada tiga sekolah yaitu MTsN 1 Blitar, MTs Ma’arif Udanawu, SMPN 3 Srengat 2) mengetahui proses pengembangan video pembelajaran sebagai salah satu media pembelajaran dengan materi Pembangunan Berkelanjutan, 3) mengetahui tingkat validitas pengembangan video pembelajaran. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) sepuluh langkah yang dikembangkan Borg dan Gall. Pengumpulan data berdasarkan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif. Efektivitas penggunaan media video pembelajaran dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) analisis kebutuhan peneliti mengetahui bahwa peserta didik kurang memperhatikan jika media pembelajaran menggunakan bahan ajar berupa buku saja kebutuhan siswa terkait dengan media juga didukung karena adanya pembelajaran sebelumnya dilakukan secara daring, dengan adanya pembelajaran daring yang selalu menggunakan telephon genggam berdampak pada kurangnya minat baca peserta didik terhadap buku, dan pendidik kurang bervariasi dalam memanfaatkan media pembelajaran, sehingga perlu untuk dilakukan pengembangan suatu media yang sesuai dengan kondisi pembelajaran di sekolah. 2) proses pengembangan video pembelajaran IPS materi pembangunan berkelanjutan kelas VII Tingkat SMP/MTs dapat peneliti lalui dengan baik sehingga mengasilkan media berupa video pembelajaran. 3) media video pembelajaran dapat diketahui tingkat kevalidan dengan beruji validitas video pembelajaran terhadap ahli media dan ahli materi sebesar 82.3%, 84.2%, guru IPS di tiga sekolah masing-masing 82.5%, 86.6%, dan 97,1%, skala kecil 84%, dan hasil uji reliabilitas skala besar dengan nilai cronbach alpha 0.796, 0.924, dan 0.941 (Cronbach alpha>0.6). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran bernilai sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193080 Indah Dwi Lestari
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:02
Last Modified: 12 Jul 2023 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37496

Actions (login required)

View Item View Item