JIHAN ZULFIA FIRDA, 12851221012 (2023) PROFIL KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DITINJAU MELALUI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPCK) PADA MATERI GEOMETRI DI MA HASANUDDIN TONDOWULAN JOMBANG DILIHAT DARI SERTIFIKASI GURU. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (964kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (411kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (406kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Profil Kompetensi Guru Matematika Ditinjau Melalui Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada Materi Geometri di MA Hasanuddin Tondowulan Jombang Dilihat dari Sertifikasi Guru” ini ditulis oleh Jihan Zulfia Firda, NIM. 12851221012, Pembimbing I Dr. Maryono, M.Pd., Pembimbing II Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Geometri, Kompetensi Guru, Sertifikasi Guru, TPCK. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) merupakan kemampuan yang dimiliki guru dalam memanfaatkan teknologi secara tepat ke dalam kegiatan pembelajaran diberbagai konten materi, serta mampu mengajarkan materi menggunakan teknologi dan metode pedagogi yang sesuai. Kemampuan ini bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan berteknologi, serta mempelajari bagaimana mengintegrasikan teknologi baru kedalam proses pembelajaran yang sesuai. TPCK memiliki perpaduan dari setiap bidang pengetahuan, yaitu: Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK), Technological Content Knowledge (TCK), Pedagogical Content Knowledge (PCK), dan Technological Pedagogical Knowledge (TPK). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan profil kompetensi guru matematika bersertifikasi ditinjau melalui TPCK, dan 2) Untuk mendeskripsikan profil kompetensi guru matematika tidak bersertifikasi ditinjau melalui TPCK. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan model spiral yang dipopulerkan oleh Creswell. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Memiliki kemampuan TPCK yang sangat baik. Yaitu mampu memilih, menggunakan serta mengajarkan pembelajaran yang menggabungkan teknologi, konten dan pendekatan pengajaran dengan menyesuaikan terlebih dahulu kondisi kelas bisa dilaksanakan pembelajaran berbasis teknologi atau tidak. 2) Memiliki kemampuan TPCK yang baik. Yaitu mampu memilih, menggunakan serta mengajarkan pembelajaran yang menggabungkan teknologi, konten dan pendekatan pengajaran, tetapi masih memiliki kesulitan mengadaptasi pembelajaran menggunakan teknologi saat awal menggunakan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173031 Jihan Zulfia |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:36 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37507 |
Actions (login required)
View Item |