PROFIL KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DITINJAU MELALUI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPCK) PADA MATERI GEOMETRI DI MA HASANUDDIN TONDOWULAN JOMBANG DILIHAT DARI SERTIFIKASI GURU

JIHAN ZULFIA FIRDA, 12851221012 (2023) PROFIL KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DITINJAU MELALUI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPCK) PADA MATERI GEOMETRI DI MA HASANUDDIN TONDOWULAN JOMBANG DILIHAT DARI SERTIFIKASI GURU. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Profil Kompetensi Guru Matematika Ditinjau Melalui Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada Materi Geometri di MA Hasanuddin Tondowulan Jombang Dilihat dari Sertifikasi Guru” ini ditulis oleh Jihan Zulfia Firda, NIM. 12851221012, Pembimbing I Dr. Maryono, M.Pd., Pembimbing II Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Geometri, Kompetensi Guru, Sertifikasi Guru, TPCK. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) merupakan kemampuan yang dimiliki guru dalam memanfaatkan teknologi secara tepat ke dalam kegiatan pembelajaran diberbagai konten materi, serta mampu mengajarkan materi menggunakan teknologi dan metode pedagogi yang sesuai. Kemampuan ini bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan berteknologi, serta mempelajari bagaimana mengintegrasikan teknologi baru kedalam proses pembelajaran yang sesuai. TPCK memiliki perpaduan dari setiap bidang pengetahuan, yaitu: Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK), Technological Content Knowledge (TCK), Pedagogical Content Knowledge (PCK), dan Technological Pedagogical Knowledge (TPK). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan profil kompetensi guru matematika bersertifikasi ditinjau melalui TPCK, dan 2) Untuk mendeskripsikan profil kompetensi guru matematika tidak bersertifikasi ditinjau melalui TPCK. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan model spiral yang dipopulerkan oleh Creswell. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Memiliki kemampuan TPCK yang sangat baik. Yaitu mampu memilih, menggunakan serta mengajarkan pembelajaran yang menggabungkan teknologi, konten dan pendekatan pengajaran dengan menyesuaikan terlebih dahulu kondisi kelas bisa dilaksanakan pembelajaran berbasis teknologi atau tidak. 2) Memiliki kemampuan TPCK yang baik. Yaitu mampu memilih, menggunakan serta mengajarkan pembelajaran yang menggabungkan teknologi, konten dan pendekatan pengajaran, tetapi masih memiliki kesulitan mengadaptasi pembelajaran menggunakan teknologi saat awal menggunakan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173031 Jihan Zulfia
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:36
Last Modified: 12 Jul 2023 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37507

Actions (login required)

View Item View Item