EKA OKTA LAILATUL FADHILAH, 12201193049 (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (743kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (566kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (288kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (765kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Eka Okta Lailatul Fadhilah, NIM. 12201193049. Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Belajar terhadap Kemampuan Menghafal Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 4 Jombang” Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing : Ikfi Khoulita M.Pd.I. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Lingkungan Belajar, Kemampuan Menghafal Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi seorang peserta didik. Pendidikan bukan hanya tentang pembelajaran ilmu pengetahuan saja namun kecerdasan emosional peserta didik juga sangat penting bagi keberlangsungan proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan dorongan yang maksimal dari diri peserta didik itu sendiri agar terus mendorong dirinya untuk lebih percaya pada dirinya sendiri serta mengenali bagaimana sifat atau emosi yang muncul. Karena dalam ranah kecerdasan emosional itu mencakup 5 faktor yakni : mengenali emosi, mengelola emosi, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan yang dapat mempengaruhi proses belajar peserta didik tersebut. Selain itu, lingkungan belajar pun harus diperhatikan karena dalam pembelajaran, ketika lingkungan sekolah yang nyaman dan bersih serta memiliki fasilitas yang memadai dapat meningkatkan kefokusan pemahaman peserta didik dalam belajar. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 4 Jombang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di MAN 4 Jombang ? (2) Apakah terdapat pengaruh antara lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di MAN 4 Jombang ? (3) Apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di MAN 4 Jombang ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 4 Jombang, (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dengan kemampuan menghafal peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 4 Jombang, (3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar dengan kemampuan menghafal peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis peneltian korelasional. Populasi dari peneitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN 4 Jombang dengan jumlah 507 peserta didik. Sedangkan sempel yang di gunakan pada penelitian ini yaitu kelas XI MIA 2, XI MIA 5, dan XI MIA 7 dengan jumlah 83 peserta didik. Dalam penelitian ini Teknik pengambilan data berupa probability sampling dengan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS for windows 25.0. Berdasarkan hasil analisis data diketahui : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t analisis regresi linear berganda, untuk variabel kecerdasan emosional (X_1) diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,000 maka H_1 diterima dan H_0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal peserta didik peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 4 Jombang. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t analisis regresi linear berganda, untuk variabel lingkungan belajar (X_2) diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,000 maka H_1diterima dan H_0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkngan belajar terhadap kemampuan menghafal peserta didik peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 4 Jombang. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-f analisis regresi linear berganda, untuk variabel kecerdasan emosional (X_1) dan variabel lingkungan belajar (X_2) diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,000 maka H_1diterima dan H_0ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 4 Jombang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan > EQ Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193049 EKA OKTA LAILATUL FADHILAH |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:36 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 01:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37539 |
Actions (login required)
View Item |