STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SORE TULUNGAGUNG (2016)

ATINA RIZQA, 2811123004 (2016) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SORE TULUNGAGUNG (2016). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (889kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Atina Rizqa, NIM. 2811123004, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa SMK Sore Tulungagung”, Dosen pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M.Ag., NIP. 19650120 199803 1 002. Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil pembinaan akhlakul karimah siswa belum memenuhi harapan sekolah dan masyarakat pada umumnya. Pendidikan Agama Islam di sekolah hanya dianggap sebagai pengetahuan saja, belum diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi problem tersebut guru harus meningkatkan pembinaan akhlakul karimah siswa sehingga akan berdampak pada tercapai visi dan misi sekolah. Upaya yang harus dilakukan dalam membina akhlakul karimah siswa di sekolah yaitu guru PAI harus memiliki strategi yang tepat untuk menciptakan suasana yang baru dan lebih menarik pada setiap kegiatan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Diantaranya dengan kreatif memilih dan mengembangkan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran agar lebih menarik sehingga menjadikan proses pembelajaran lebih efektif. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan Guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa SMK Sore Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa SMK Sore Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa SMK Sore Tulungagung?. Tujuan dari penulisan skripsi ini antara lain: (1) untuk mengetahui perencanaan guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa SMK Sore Tulungagung. (2) untuk mengetahui pelaksanaan guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa SMK Sore Tulungagung. (3) untuk mengetahui evaluasi guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa SMK Sore Tulungagung. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai upaya guru dalam membina akhlakul karimah siswa SMK Sore Tulungagung, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui kegiatan pembinaan serta menggali data tentang sarana dan prasarana sekolah. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data di antaranya perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian: (1) Perencanaan Guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa SMK Sore Tulungagung yaitu guru menggunakan pendekatan individual dan kelompok. Selain itu sekolah mempersiapkan beberapa program pendukung untuk membina akhlakul karimah siswa yaitu dengan mengadakan PHBN dan PHBA, ekstra agama, ekstrakurikuler, MOS, maupun HUT sekolah. (2) Pelaksanaan guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa SMK Sore Tulungagung dilaksanakan secara langsung dan tak langsung melalui beberapa metode diantaranya metode keteladanan, pembiasaan, cerita, nasehat, dan ganjaran. (3) Evaluasi guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa SMK Sore Tulungagung dilakukan melalui beberapa prinsip, yaitu evaluasi mengacu pada tujuan, evaluasi dilaksanakan secara objektif, evaluasi bersifat komprehensif (menyeluruh), dan evaluasi dilakukan secara terus-menerus (kontinu) sehingga menghasilkan dampak positif bagi sekolah, orang tua, masyarakat, khususnya siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123004 Atina Rizqa
Date Deposited: 20 Dec 2016 04:08
Last Modified: 20 Dec 2016 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3756

Actions (login required)

View Item View Item