PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS IV SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

INDAH NUR RAMADINA, 12850521012 (2023) PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS IV SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT) Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ditulis oleh Indah Nur Ramadina dengan pembimbing Prof. Dr. Nur Kholis, S.Ag., M.Pd dan Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Student Team Achievement Division (STAD), Teams Games Tournament (TGT), Gaya Belajar Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Apakah terdapat perbedaan signifikan motivasi dan hasil belajar IPA berdasarkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT? (2) Apakah terdapat perbedaan signifikan motivasi dan hasil belajar IPA berdasarkan gaya belajar? (3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa STAD dan siswa TGT? (4) Apakah terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar antara siswa STAD, dan TGT? (5) Apakah terdapat perbedaan signifikan hasil belajar IPA antara siswa visual, auditorial dan kinestetik? (6) Apakah terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar antara siswa visual, auditorial dan kinestetik? (7) Apakah terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT dengan gaya belajar dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA? (8) Apakah terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT dengan gaya belajar dalam pengaruhnya terhadap motivasi belajar? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen Design dengan desain two group Posttest-Only Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDI Miftahul Huda yang berjumlah 45 siswa. Sedangkan sampel yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh, diperoleh 22 siswa kelas IVA dan 23 siswa kelas IVB. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar, angket gaya belajar, dan posttest hasil belajar. Tahap analisis data yang dilakukan peneliti meliputi deskripsi data, pengujian prasyarat, dan pengujian hipotesis. Analisis data menggunakan uji MANOVA, Uji Independent Sample t Test, uji One Way Anova, dan uji Two Way Anova. Hasil Penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan signifikan motivasi dan hasil belajar IPA berdasarkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT (2) Terdapat perbedaan signifikan motivasi dan hasil belajar IPA berdasarkan gaya belajar siswa (3)Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar IPA antara siswa STAD, dan siswa TGT. (4) Tidak terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar antara STAD, dan siswa TGT (5) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar IPA antara visual, auditorial dan kinestetik (6) Tidak terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar antara siswa visual, auditorial dan kinestetik. (7) Tidak terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT dengan gaya belajar dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA (8) Tidak terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT dengan gaya belajar dalam pengaruhnya terhadap motivasi belajar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12850521006 CHOLILATUN NABILAH
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:17
Last Modified: 20 Jul 2023 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37580

Actions (login required)

View Item View Item