STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI GULA MERAH UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi di CV. Sumber Sari Manis Kecamatan Sumbergempol)

IMRO’ATUL KASANAH, 12402193011 (2023) STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI GULA MERAH UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi di CV. Sumber Sari Manis Kecamatan Sumbergempol). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Industri Gula Merah Untuk Meningkatkan Volume Penjualan ( Studi Di Cv.Sumber Sari Manis Kecamatan Sumbergempol) ” yang ditulis oleh Imro’atul Kasanah, NIM.12402193011, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd.Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya strategi penjualan pada usaha sebagai basis kemajuan industri merupakan salah satu langkah strategi yang perlu ditindaklanjuti melalui strategi bauran pemasaran 4P. Adanya strategi industri mampu untuk memandang masa depan dan berusaha membentuk kemajuan industri melalui strategi yang diterapkan. Strategi memberikan kesadaran bagi perusahaan tentang arah dan tujuan, menjadi bahan evaluasi, serta menjaga kesinambungan perusahaan. Seperti usaha gula merah tebu pada CV.Sumber Sari Manis terhadap penerapan bauran pemasaran 4P dalam usahanya.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Strategi pemasaran usaha gula merah di CV. Sumber Sari Manis ? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran gula merah tebu pada CV.Sumber Sari? (3) Bagaimana solusi untuk mengatasi kendala dalam strategi pemasaran pada gula merah tebu pada CV.Sumber Sari Manis ? Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan strategi meliputi dari segi produk melalui peningkatan jumlah dan kualitas produk, penetapan harga dengan orientasi biaya, pada tempat/distribusi memiliki lokasi strategis, kendaraan, lahan produksi dan gudang gula merah milik pribadi, dari segi promosi menerapkan personal selling. (2) Faktor pendukung usaha meliputi penyediaan modal, surat izin usaha, tenaga kerja yang mumpuni, dan peralatan mesin yang memadai. Faktor penghambat usaha meliputi adanya keterbatasan bahan baku dan persaingan usaha. (3) Solusi kendala dengan memproduksi gula sebanyak mungkin dan membeli dari pengepul gula lainnya serta melakukan kerjasama untuk menjalin kerekatan pada usaha sejenis lainnya. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Industri Gula Merah, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193011 Imro’atul Kasanah
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:08
Last Modified: 18 Jul 2023 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37585

Actions (login required)

View Item View Item