GAYA BERPIKIR WHOLIST SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTs NEGERI 5 TULUNGAGUNG

NASTITI REYWINATA, 12204193037 (2023) GAYA BERPIKIR WHOLIST SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTs NEGERI 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (601kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Gaya Berpikir Wholist Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII MTs Negeri 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Nastiti Reywinata, NIM. 12204193037, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Gaya Berpikir Wholist, Teorema Pythagoras, Soal Cerita Fenomena yang terjadi pada proses pembelajaran matematika adalah siswa yang memiliki kemampuan berbeda-beda dalam menyelesaikan soal matematika. Setiap siswa memiliki gaya berpikir yang berbeda, salah satunya adalah gaya berpikir wholist. Gaya berpikir wholist merupakan gaya berpikir yang cenderung mempelajari sesuatu dari tahap yang paling umum ke tahap yang paling khusus. Gaya berpikir wholist dapat disebut sebagai gaya berpikir menyeluruh. Gaya berpikir menyeluruh disini maksudnya adalah gaya berpikir yang melompat ke depan, langsung ke gambaran lengkap sebuah inti informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan gaya berpikir wholist siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi teorema pythagoras, dan 2) untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan gaya berpikir wholist pada materi teorema pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini berada di MTs Negeri 5 Tulungagung. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa dengan gaya berpikir wholist. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah meningkatkan ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) gaya berpikir wholist siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi teorema pythagoras memenuhi ketiga indikator, yaitu menggunakan kemampuan deskriptif, menekankan aspek komprehensif, dan mengembangkan deskripsi pengetahuan umum, sehingga melupakan rincian pendukung, dan 2) bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan gaya berpikir wholist pada materi teorema pythagoras terdiri dari subjek yang kurang memahami teorema pythagoras, subjek yang bingung dalam menyimpulkan jawaban yang didapatkannya, dan subjek yang salah dalam mendapatkan jawaban akhir, tidak memeriksa kembali jawabannya sebelum dikumpulkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: nastitirey 12204193037 Nastiti Reywinata
Date Deposited: 22 Jul 2023 09:15
Last Modified: 22 Jul 2023 09:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37586

Actions (login required)

View Item View Item