PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI REAKSI REDOKS DI MAN 2 TRENGGALEK

DYAH KUSUMANINGTYAS, 12212193027 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI REAKSI REDOKS DI MAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul ―Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Media Animasi terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Materi Reaksi Redoks di MAN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Dyah Kusumaningtyas, NIM. 12212193027, pembimbing Ali Amirul Mu‘minin, M Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE), Minat Belajar, Hasil Belajar, Media Animasi Hasil observasi pada pembelajaran kimia diperoleh informasi bahwa banyak siswa mengantuk dan kurang berminat untuk belajar kimia, hal tersebut terjadi karena kegiatan pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif di kelas. Selain itu pada materi reaksi redoks terdapat materi tentang konsep penentuan bilangan oksidasi yang cukup rumit karena ada beberapa aturan yang harus dipahami siswa, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah karena siswa belum begitu paham pada materi reaksi redoks. Oleh karena itu, perlu adanya suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran predict observe explain (POE) dapat mendorong minat dan hasil belajar siswa melalui tiga sintaksnya yakni memprediksi, mengamati dan menjelaskan. Serta dibantu dengan Media animasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE berbantuan media animasi terhadap minat belajar pada materi reaksi redoks; 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE berbantuan media animasi terhadap hasil belajar pada materi reaksi redoks: dan 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE berbantuan media animasi terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks di MAN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIS yang berjumlah 33 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIS 1 (kelas kontrol) dan kelas X MIS 2 (kelas eksperimen). Sampel diperoleh melalui teknik nonprobability sampling jenis sampling jenuh, karena jumlah populasi pada penelitian ini relatif kecil, kurang dari 100 orang. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunkan instrumen tes dan data minat belajar menggunakan angket. Instrumen pengukuran sebelum digunakan untuk memperoleh data, dilakukan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik parametris dengan menggunakan uji Independent t-test dan uji manova. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran POE berbantuan media animasi terhadap minat belajar siswa pada materi reaksi redoks yang dibuktikan dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,004 ≤ 0,05. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran POE berbantuan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks yang dibuktikan dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,003 ≤ 0,05. 3) terdapat pengaruh model pembelajaran POE berbantuan media animasi terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks yang dibuktikan dengan nilai signifikansi dari hasil uji Multivariate sebesar 0,007 ≤ 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Atom
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: Mahasiswa 12212193027 DYAH KUSUMANINGTYAS
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:01
Last Modified: 18 Jul 2023 08:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37589

Actions (login required)

View Item View Item