STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI TASAMUH UNTUK MENINGKATKAN KERUKUNAN SISWA DI MTs SUNAN KALIJOGO

BINTAN SHOLIKAH, 12201193158 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI TASAMUH UNTUK MENINGKATKAN KERUKUNAN SISWA DI MTs SUNAN KALIJOGO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (687kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Skripsi Dengan Judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai Tasamuh Untuk Meningkatkan Kerukunan Siswa Di MTs Sunan Kalijogo” Ini Ditulis Oleh Bintan Sholikah, NIM 12201193158, Tahun 2023, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Yang Dibimbing Oleh Bapak Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am. Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Tasamuh, Kerukunan Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang banyak sekali terjadi di sekolah negeri maupun di sekolah swasta, yaitu peserta didik yang kurang dalam menerapkan sikap toleransi kepada sesama baik terhadap peserta didik, guru, maupun warga sekolah yang lainnya. Contohnya seperti kurangnya pemahaman mengenai perbedaan di lingkungan sekolah, dimana peserta didik saling mengejek jika terdapat sebuah perbedaan fisik yang menonjol dari peserta didik lain. Dalam hal ini peneliti membahas terkait Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai Tassamuh Untuk Meningkatkan Kerukunan Siswa Di MTs Sunan Kalijogo. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi penanaman nilai tasamuh yang diterapkan di sekolah dalam meningkatkan kerukunan siswa ? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi penanaman nilai tasamuh yang diterapkan di sekolah dalam meningkatkan kerukunan siswa ? (3) Bagaimana penilaian strategi penanaman nilai tasamuh yang diterapkan di sekolah dalam meningkatkan kerukunan siswa? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi penanaman nilai tasamuh yang diterapkan di sekolah dalam meningkatkan kerukunan siswa. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi penanaman nilai tasamuh yang diterapkan di sekolah dalam meningkatkan kerukunan siswa. (3) Untuk mendeskripsikan penilaian strategi penanaman nilai tasamuh yang dilakukan di sekolah dalam meningkatkan kerukunan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, lalu kemudian menyimpulkan hasil penelian. Prosedur penelitian yang digunakan peneliti yaitu 1) Tahap Pendahuluan Atau Persiapan, 2) Tahap Pelaksanaan, 3) Tahap Analisis, 4) Tahap Pelaporan. Hasil penelitian adalah: (1) Untuk perencanaan yang dilakukan yaitu menjelaskan pengertian tasamuh kepada siswa saat di dalam maupun di luar proses pembelajaran, menyusun langkah-langkah seperti pendekatan, menasehati, keteladanan, dan pembiasaan, menetapkan metode yang digunakan seperti ceramah, demonstrasi dengan media video, diskusi, dan menyiapkan solusi dari berbagai kendala yang muncul ketika pelaksanaan penanaman nilai tasamuh kepada siswa berlangsung seperti memberikan sanksi kepada siswa yang masih bersikap intoleran. (2) Untuk pelaksanaan yaitu dengan penyambutan siswa setiap pagi, melakukan kegiatan bersama seperti mengadakan diskusi keompok di dalam maupun di luar jam pembelajaran, pemberian sanksi kepada siswa yang masih intoleran. (3) Untuk penilaian yang dilakukan adalah pengamatan secara langsung, supervisi kepada guru (interview dan angket), melakukan evaluasi dengan memperbaiki strategi yang dirasa masih kurang efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193158 Bintan Sholikah
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:45
Last Modified: 21 Jul 2023 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37620

Actions (login required)

View Item View Item